Jauh-jauh dari Maluku, Puluhan Pendeta Belajar Rawat Toleransi Antarumat ke Ganjar

Jauh-jauh dari Maluku, Puluhan Pendeta Belajar Rawat Toleransi Antarumat ke Ganjar

AKRAB - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menemui warga Maluku yang datang.--

SEMARANG (DiswayJateng) - Kemajemukan masyarakat Jawa Tengah menginspirasi puluhan Pendeta dari Maluku untuk belajar tentang toleransi. Dalam rangkaian lawatan, mereka ditemui Gubernur Ganjar Pranowo, Minggu (11/9).

 

Sekitar pukul 15.30 WIB, Ganjar yang baru selesai kunjungan kerja di Kudus langsung menemui para pendeta yang tergabung dalam Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM). Mereka pun hanyut dalam perbincangan tentang kepemimpinan dan merawat perbedaan di masyarakat.

 

Ketua Sinode GPM, Pendeta Elifas Tomix Maspaitella mengatakan, Gubernur Ganjar Pranowo dinilai punya kepemimpinan yang baik ditiru dalam hal menjaga toleransi antarumat. 

 

“Kenapa ke sini, karena Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang sangat toleran di 2021-2022, banyak kota di Jateng yang masuk kategori toleran dan topologinga nyaris sama seperti di Maluku,” katanya.

 

Pdt. Elifas juga menuturkan, mereka ingin mempelajari kepemimpinan kepada Ganjar. Menurutnya, Ganjar mampu merangkul kelompok dengan pemikiran berbeda untuk bersatu.

 

“Kami merasa bahwa model yang seperti itu harus juga turut kami pahami,“ kata Pendeta Elifas.

 

Apalagi di Maluku, kata Elifas, punya sejarah panjang merawat toleransi antarumat beragama yang dibangun kembali sampai sekarang sejak terjadinya konflik kemanusiaan tahun 1999.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: