Hari Keempat, Remaja yang Hilang di Hutan Salem Akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya

Hari Keempat, Remaja yang Hilang di Hutan Salem Akhirnya Ditemukan, Begini Kondisinya

Warga Ciputih Salem, Brebes yang hilang di hutan ditemukan setelah pencarian hari keempat. -Teguh Supriyanto -Radar Brebes

BREBES, (DiswayJateng) - Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan remaja Toyibin, 16, yang dikabarkan hilang di hutan Gunung Singa Desa Ciputih, Kecamatan, Kabupaten Brebes, Rabu (24/8). Korban ditemukan di Curug Guci Alur Pagombongan sekitar pukul 12.00.

Diketahui korban dikabarkan hilang saat mencari kayu di perkebunan Gunung Singa pada Minggu (22/8) lalu. 

Anggota Unit Intel Kodim 0713 Brebes wilayah Salem, Serma Wartono mengatakan, Toyibin ditemukan saat pencarian hari keempat. 

Pelajar MTs Ma'arif 06 Ciputih ini ditemukan dalam keadaan masih hidup di kawasan hutan Cigombong yang berjarak sekitar 10 kilometer dari rumah korban. 

"Ketika ditemukan dalam keadaan masih hidup, tetapi kondisinya sangat lemas," ungkap Serma Wartono, kordinator operasi pencarian.

Tim SAR melakukan evakuasi korban dan langsung membawanya ke Puskesmas Bentar Kecamatan Salem untuk diperiksa kesehatannya.

Tim terpaksa menggunakan tandu untuk mengevakuasi korban keluar dari kawasan hutan. Selanjutnya korban mendapat perawatan medis di Puskesmas Bentar Kecamatan Salem.

Dikatakan Wartono, hari terakhir pencarian sebelum korban ditemukan, tim gabungan yang berjumlah sekitar 100 personil, dibagi menjadi tiga tim, dengan pembagian wilayah pencarian tim I melakukan pencarian disekitaran Kebun Gunung Singa dan Ampel, tim II menyusuri aliran anak sungai Cikumbang dan tim III menyusuri jalan yang menuju Gunung Kumbang.

"Pada pukul 12.00 WIB tim III menemukan korban, sedang berada di hutan Cigombong wilayah Desa Ciputih," jelasnya.

Kepala Desa Ciputih, Slamet Becho yang juga terlibat dalam operasi pencarian menyampaikan, korban yang masih berstatus sebagai pelajar membutuhkan perhatian khusus mengingat kondisinya sebagai disabilitas. 

"Kondisi korban belum bisa dimintai keterangan, karena kondisinya sangat lemas. Korban juga perlu perhatian khusus, sehingga kedepannya perlu dukungan keluarga agar tidak terlalu jauh," kata Becho.

Dengan ditemukannya korban maka Operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur SAR Gabungan di kembalikan ke kesatuannya masing-masing. 

Toyibin diperkirakan hilang pada hari Minggu (21/8) sekitar pukul 11.30 WIB lalu. Saat itu ia sedang mencari kayu bakar bersama bibinya, Darkini, 40. Mereka mencari kayu bakar sekitar 5 km dari rumahnya, yaitu di hutan pinus milik Perhutani BKPH Salem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: