Baznas Kota Tegal Tasyarufkan Rp. 439.767.345 Catur Wulan Dua

Baznas Kota Tegal Tasyarufkan Rp. 439.767.345 Catur Wulan Dua

Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari dan Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manap usai pentasyarufan di Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa 23 Agustus 2022-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal, melakukan pentasyarufan bantuan BAZNAS triwulan kedua di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa (23/8). Dana zakat yang akan di tasyarufkan sebesar Rp. 439.767.345,  yang terdiri dari pentasyarufan tahap 1 dan 2. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manap saat menyampaikan laporan nya, dihadapan Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal. dr. Sri Primawati Indraswari, dan tamu undangan lainnya. Semua itu sesuai dengan tujuannya yaitu sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat, terutama dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

 

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manap mengatakan untuk mustahiq yang akan menerima zakat secara keseluruhan terbagi menjadi mustahiq fakir, miskin, dan fi sabilillah. Dengan rincian yaitu telah melaksanakan khitanan masal untuk 50 anak, bantuan biaya perawatan warga Kota Tegal kurang mampu yang di rawat di RSUD Kardinah sebanyak sembilan orang, bantuan sembako untuk anak yatim siswa SD sebanyak 1.474 anak, beasiswa anak yatim siswa SMP sebanyak 445 anak sebesar Rp.600.000 per anak selama satu tahun, bantuan sembako untuk lansia dan dhuafa sebanyak 527 orang, bantuan untuk relawan TB Care Aisyiyah Kota Tegal sebanyak 40 orang, bantuan program "Kita Jaga Kyai" berupa pemberian asuransi dan sembako untuk 229 kyai, ustadz dan ustadzah se Kota Tegal, serta bantuan kursi roda dan sepeda sebagai sarana pendidikan bagi warga tidak mampu. 

 

 

"Sedangkan jumlah beras yang di tasyarufkan di catur wulan ke 2 ini sebanyak 10 ton 780 kilogram," katanya.

 

Harun mengajak seluruh ASN di lingkungan pemerintahan Kota Tegal untuk memberikan kepercayaan penuh kepada Baznas Kota Tegal dalam menghimpun, mengelola dan mentasyarufkan untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah. Dan sebagai bentuk pengatasan kemiskinan di Kota Tegal yang angkanya masih dikatakan tinggi.

 

"Perolehan zakat infaq dan shodaqoh di Kota Tegal setiap bulan terhimpun 150 juta dari potensi zakat yang ada yakni sekitar 700 juta perbulan," ujarnya. 


-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

Sementara itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasinya kepada Baznas Kota Tegal yang selalu bertanggung jawab dalam pengelolaan zakat dan secara rutin menyalurkan zakat yang terkumpul melalui kegiatan pentashorufan. Pihaknya berharap kepada para penerima bantuan baznas, agar bantuan yang diterima dapat meringankan beban kebutuhan. Ssehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kehidupan yang lebih baik. Baznas harus senantiasa memelihara komitmen keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan.

 

"Jadi saya juga berharap Baznas Kota Tegal terus meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan umat dan bisa menjadi bagian dari penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal, sebab fungsi zakat sangat berperan dalam menopang pembangunan Kota Tegal, jika potensi umat dikelola dengan baik. Saya juga mengajak pengurus Baznas Kota Tegal untuk memperkuat koordinasi dan sinergi dengan pemerintah Kota Tegal terutama dalam meraih kesejahteraan bersama di masyarakat Kota Tegal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal