Peringati Hari Pramuka ke-61, Sekolah Penggerak SD Keturen 1 Adakan Perjusa

Peringati Hari Pramuka ke-61, Sekolah Penggerak SD Keturen 1 Adakan Perjusa

KEGIATAN- Kamabigus dan Kepala SDN Keturen 1 Lily Gunarsih memeberikan santunan, Sabtu (13/8).--

TEGAL (DiswayJateng) - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Penggerak Gugus Depan (Gudep) SD Keturen 1, Kecamatan TEGAL Selatan, Kota TEGAL mengadakan perkemahan Jumat dan Sabtu (Perjusa). Kegiatan tersebut diikuti peserta didik kelas IV dan VI dengan persetujuan orang tua serta wali murid. Berbagai kegiatan digelar dalam Perjusa, salah satunya santunan anak yatim dan piatu. 

 

Kepala SD Keturen 1 Tegal Lily Gunarsih mengatakan, perkemahan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Allah atas seluruh nikmat dan berkah persatuan dalam gerakan pramuka. Peringatan Hari Pramuka ke-61 dengan tema 'Mengabdi Tanpa Batas'. Tema tersebut bertujuan agar gerakan pramuka tetap bertekad bulat untuk mengabdi tanpa batas dalam membangun generasi muda yang tangguh. Dan pada gilirannya dapat dengan tangguh memimpin bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

 

“Oleh karena itu kegiatan perkemahan ini dilaksanakan bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka,” kata Kamabigus SDN Keturen 1 Lily.

 

Untuk rangkaian kegiatan perkemahan yang diadakan sebagai upaya membentukan karakter siswa di SD Negeri Keturen 1 dan juga sebagai bentuk tanggung jawab sebagai salah satu sekolah yang menyandang predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Diantaranya wild game, pentas seni, penanaman seribu pohon dan juga santunan kepada anak yatim dan masih banyak kegiatan edukatif bagi siswa.  

 

Selain itu juga ada pemberian piala kepada siswa yang berprestasi baik di tingkat kecamatan maupun kota. Di tahun ini, di tingkat kecamatan, peserta didik dari SD Negeri Keturen 1 berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 cabang senam lantai putri dan juara 3 cabang senam lantai putra. Sedangkan di tingkat kota, kontingen berhasil meraih juara 1 cabang senam lantai putra dan putri serta juara 3 cabang senam lantai putri.

 

“Rentetan prestasi yang diraih oleh peserta didik tersebut,  merupakan salah satu wujud keberhasilan SD Negeri Keturen 1 sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak (PSP) Tahap 1,” pungkasnya.(mei/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: