Genjot Produksi Hingga Hingga 2 Kali Lipat, Ganjar resmikan Learning Center Bawang Putih di Tegal

Genjot Produksi Hingga Hingga 2 Kali Lipat, Ganjar resmikan Learning Center Bawang Putih di Tegal

PANEN - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo panen bawang putih.--

 

 

"Ini ada bawang putih, nasionalnya cabai, dan kita akan  coba berdayakan nanti ke rumah tangga-rumah tangga untuk menanam sehingga menjadi aksi nyata ini. Kami terima kasih kolaborasinya antara BI, IPB, kabupaten/kota di daerah, Kementerian menurut saya bagus. Tinggal genjot. Tempatnya dipilih, kasih penugasan di sana agar terukur. Terakhir kita pikirkan off taker-nya agar petaninya tersenyum," ungkap Ganjar.

 

 

Mengenai off taker, Ganjar mengungkapkan dapat memakai kekuatan-kekuatan instansi seperti dari pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD. Langkah itu selama ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menjadi off taker sejumlah komoditas untuk menstabilkan harga. Dalam hal ini, Ganjar mencontohkan gerakan ASN membeli produk petani saat harga jual di pasaran turun.

 

 

"Itu bisa kita lakukan atau bisa juga dengan cara diolah. Sebenarnya olahan-olahan itu yang bisa menjaga. Kadang kita makan cabai itu kan maunya yang fresh tapi lihat nggak tadi ada yang olahan. Itu butuh kebiasaan saja sih. Kalau itu bisa dilakukan maka kontrol inflasinya bisa lebih baik," jelas Ganjar.

 

 

Sebelum menghadiri peresmian Learning Center Bawang Putih, Ganjar lebih dulu ikut memanen bawang putih bersama petani. Dalam panen tersebut juga hadir Deputi Gubernur BI Aida S Budiman, Rektor IPB Arif Satria, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Rahmat Dwi Saputra.

 

 

Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman, mengatakan angka inflasi di Indonesia cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya bersumber dari komoditas pangan atau holtikultura. Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini merupakan perintah dari Presiden untuk menjaga inflasi di Indonesia. Gerakan ini dimulai dari Pulau Jawa bulan ini. Berikutnya akan dilakukan di Sumatra, Sulawesi dan Papua, Kalimantan, dan terakhir di Bali-Nusa Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: