Diguyur Hujan Deras, Lima Lokasi di Pegunungan Muria Kudus Longsor

Diguyur Hujan Deras, Lima Lokasi di Pegunungan Muria Kudus Longsor

WASPADA: Rumah Warga di Desa Colo tertimpa tanah longsor karena tingginya intensitas hujan yang terjadi pada Kamis (14/7) dini hari. (PEMDES COLO FOR RADAR KUDUS)--

KUDUS (DiswayJateng) - Hujan deras yang turun Rabu (13/7) membuat sejumlah kawasan di Desa Colo, Kecamatan Dawe longsor. Terdapat lima lokasi longsor di Desa Japan.

Kepala Desa Colo M Destari Andryasmoro menyatakan, longsor terjadi kemarin sekitar pukul 02.00. Lokasinya di Dukuh Colo dengan satu rumah tertimpa longsor. Tembok dan atap rumahnya jebol. ”Beruntung pemilik rumah di Dukuh Colo pas kerja sif malam. Jadi rumahnya kosong,” katanya.

longsor juga terjadi di Dukuh Kombang. Dengan menimpa motor di dalam garasi rumah. Lokasi selanjutnya berada di Dukuh Pandak. Satu rumah warga tertimpa tanah longsor. ”Titik lainnya di jalan menuju Makam Sunan Muria. Namun tergolong kecil,” jelasnya.

Dia menambahkan, longsor yang disebabkan tingginya intensitas hujan di Pegunungan Muria ini, tidak memakan korban jiwa. Hanya, warga mengalami kerugian secara material. Diperkirakan, kerugian rumah yang temboknya jebol mencapai Rp l5 juta. Sedangkan jebolnya atap dan tembok rumah diperkirakan kerugiannya mencapai Rp15 juta. ”Saat ini (kemarin siang, Red) warga dibantu BPBD KUDUS membersihkan puing-puing longsor,” ungkapnya.

Andryas mengimbau warga Desa Colo agar lebih waspada dan berhati-hati. Sebab, daerah pegunungan rawan akan longsor. Meski saat ini tengah masuk musim kemarau, bencana datangnya tidak bisa diprediksi.

Terpisah, Kepala Desa Japan Sigit Tri Harso mengatakan, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Tanah longsor menimpa rumah warga. Dua rumah di RT 3/RW 4 dan satu rumah di RT 1/RW 2. ”Jalan Japan menuju Pati, Jalan Prigi, Jalan Japan-Rejenu terkena longsor. Sementara di Jalan Klumpit RT 1/RW 1 badan jalannya amblas,” katanya. (gal/lin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkudus.co.id