Catat, Jenguk Tahanan di LP Kelas II/A Kendal Wajib Vaksin Booster

Catat, Jenguk Tahanan di LP Kelas II/A Kendal Wajib Vaksin Booster

DIBUKA - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/A Kendal mulai membuka kunjungan tatap muka bagi keluarga narapidana. Sayaratnya harus sudah vaksin booster. --

KENDAL (DiswayJateng) -   Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/A Kendal mulai membuka  kunjungan tatap muka  bagi keluarga  narapidana. Pasalnya selama  pandemi  Covid-19, kunjungan ditiadakan dan diganti dengan  video call. Tapi dalam kunjungan itu, pihak lapas mensyaratkan pengujung  harus  sudah  vaksinasi booster dan   merupakan keluarga  yang  terdaftar dalam  data  di lapas.

 

Kepala Lapas Kelas  II/A Kendal, Samsul Hidayat mengatakan,  kunjungan  tatap muka dimulai hari ini  dengan  pembatasan. Bahkan   keluarga  warga  binaan  ketika akan  memberikan  makan atau  oleh-oleh pada  warga  binaan akan dilakukan pemeriksaan dan akan  diberi label nama.

"Setelah jam  besuk selesai maka akan diberikan pada  yang bersangkutan," katanya, Kamis (14/7).

 

Diungkapkan, sudah dua tahun  kunjungan  tatap muka  warga binaan ditiadakan karena  pandemi Covid-19. Kendati sudah dibuka, namun demikian  tidak semua  orang  bisa   menjenguk warga binaan  kalau tidak masuk dalam daftar yang  bisa mengunjungi. Syarat utama  adalah sudah  melakukan vaksin ketiga  atau vaksin booster, yang kedua keluarga  yang  bisa berkunjung dibatasi dua  orang dengan  ketentuan tatap muka  15  menit.

 

"Namun demikian   waktu kunjungan  bisa menyesuaikan jika  tidak banyak  bisa  sampai  30 menit. Seorang narapidana  hanya  bisa dikunjungi  seminggu sekali maksimal pengunjung  dua orang," terang Samsul.

 

Sejak resmi dibuka, setidaknya sudah ada  30 warga  binaan  yang  mendapat kunjungan dari keluarganya. Batas waktu pendaftaran  jam jenguk dari  jam  08.00  WIB hingga 11.30 WIB. Namun untuk  penjenguknya waktunya  menyesuaikan.

 

Salah satu  pengunjung, Yolanda yang membesuk  suaminya mengaku senang  sudah dua tahun  tidak  bisa tatap muka melainkan melalui  video call. Dengan  dibukanya   kunjungan tatap muka maka  bisa membuat senang dan lega  bisa ketemu suaminya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan