Hasil Survei Charta Politika, Elektabilitas Ganjar Teratas di Jateng dan Jatim

Hasil Survei Charta Politika, Elektabilitas Ganjar Teratas di Jateng dan Jatim

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng. Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul "Hasil Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas di Jatim & Jateng", https://jateng.jpnn.com/politik/3856/hasil-survei-charta-po--

JAKARTA (DiswayJateng) - Hasil survei dari  Charta Politika menempatkan Ganjar Pranowo diposisi teratas di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini berdasarkan elektabilitas Pilpres 2024. 

 

Survei tersebut terkait elektabilitas calon presiden dalam Pilpres 2024 di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya survei diambil dari simulasi 10 nama calon presiden. Ganjar unggul dengan presentase elektabilitas mencapai 71,5% di Jawa Tengah.

 

"Pada simulasi 10 nama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo elektabilitasnya 71,5% menjadi pilihan tertinggi responden di Jawa Tengah, jauh di atas nama-nama lainnya," katanya, Kamis (14/7).

 

Kemudian Yunarto menyebutkan di posisi selanjutnya ada Prabowo Subianto (7,6%) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (6,2%) untuk daerah Jawa Tengah. Daerah Jawa Timur, elektabilitas Ganjar juga berada di atas dengan presentase mencapai 31,8% mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memeroleh angka 17%.

 

Selanjutnya disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang masing-masing mendapatkan 15%. "Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, dan Prabowo Subianto," ujar Yunarto.

 

Untuk di Daerah Jawa Barat, elektabilitas Ganjar masih di bawah Prabowo, Anies, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Ganjar mencapai 15,2 persen. Persentase tersebut berada di bawah Elektabilitas Prabowo (26,9 persen), Anies (22 persen), Ridwan Kamil (19,5 persen), selanjutnya Ganjar (15,2 persen). Charta Politika Indonesia melakukan survei eletabilitas Pilpres 2024 di Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur ini pada tanggal 24 sampai dengan 30 Juni 2022 dengan sampel sebanyak 1.200 responden pada setiap provinsi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com