Tumbuhkan Semangat Belajar, SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Gelar MPLS

Tumbuhkan Semangat Belajar, SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Gelar MPLS

Kepala SMP Negeri 1 Adiwerna Ciptadi SPd MPd membuka perhelatan MPLS dihalaman sekolah-Hermas Purwadi-Radar Tegal

SLAWI (Disway Jateng) – Untuk mengenalkan lingkungan sekolah, utamanya bagi peserta didik baru. SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS).

 

Pelaksanaaan MPLS sesuai dengan Salinan Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru di setiap satuan pendidikan.

 

Kepala SMP Negeri 1 Adiwerna, Ciptadi SPd, MPd menyatakan , kegiatan MPLS bertujuan untuk mengenali potensi diri setiap peserta didik baru.

 

"Kegiatan ini sekaligus membantu peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar yang efektif sebagai peserta didik baru, mengembangkan interaksi posiitif antar peserta didik dengan warga sekolah lainnya, serta  menumbuhkan perilaku positif," kata Ciptadi, Kamis (14/7/2022).

 

Ciptadi menegaskan pelaksaan MPLS dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti 288 peserta didik dari latar belakang sekolah, dan sosial ekonomi yangberbeda beda.

 

"Peserta kegiatan ini adalah peserta didik yang dinyatakan di terima sebagai calon peserta didik baru SMPN 1 Adiwerna, dari hasil pendaftaran peserta didik baru yang terbagi dalam empat jalur yaitu jalur, antara lain zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur mutasi,”papar Ciptadi.

 

Dijelaskan Ciptadi, dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, peserta didik baru SMP Negeri 1 Adiwerna yang berjumlah 288 siswa dibagi kedalam 9 gugus kelas, yaitu gugus A sampai dengan gugus I, dan di setiap gugus di dampingi oleh seorang guru yang menjadi koordinator gugus, serta di bantu oleh 4 siswa pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang bertindak sebagai pendamping gugus," jelas Ciptadi.

 

Pria yang juga menjabat Ketua MKKS SMP itu juga menyatakan, bahwa program MPLS kali ini melibatkan 21 guru dan karyawan sebagai panitia.

 

Dengan rincian, 11 orang guru sebagai pemateri, 9 guru sebagai koordinator gugus wali kelas, dan 53 siswa pengurus OSIS yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 8 dan 9. Selama 3 hari masa pengenalan lingkungan sekolah di ikuti seluruh peserta didik baru di lingkungan SMP Negeri 1 Adiwerna.

 

“Seluruh peserta mengikuti serangkaian kegiatan sesuai jadwal antara lain kegiatan apel, kegiatan sholat dzuhur berjamaah, kegiatan pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, dan materi materi di sajikan di dalam ruang kelas oleh pemateri," ungkap Ciptadi.

 

Materi tersebut diantaranya wawasan wiyata mandala, pendidikan karakter, cara belajar efektif, pengenalan budaya lokal, pengenalan lagu  nasional dan lagu daerah, tata tertib siswa dan tata karma, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta gerakan masyarakat sehat (Germas).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal