Disdukcapil Kota Tegal Gencarkan Sosialiasi SIAK Terpusat

Disdukcapil Kota Tegal Gencarkan Sosialiasi SIAK Terpusat

Sekretaris Disdukcapil Kota Tegal Nasrudin Khusnul Khuluk sosialisasi cara pengurusan Adminduk di Pendapa Kecamatan Tegal Timur, kemarin.-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal mengencarkan sosialisasi Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat di Pendapa Kecamatan Tegal Timur.

 

Sosialisasi tersebut dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui tentang kepengurusan Adminduk saat ini. Dengan SIAK terpusat, maka kepengurusan adminduk berbeda dengan sebelumnya.

 

“Kami menyampaikan tentang pelayanan dokumen kependudukan yang mencakup tentang update data, regulasi, aturan dan SIAK terpusat,” kata Sekretaris Disdukcapil Kota Tegal, Nasrudin Khusnul Khuluk, kemarin.

 

Khuluk menjelaskan, dengan adanya SIAK terpusat maka data harus update setiap waktu. Dan itu hanya bisa dilakukan pengecekan setiap satu semester sekali. Sedangkan terkait dengan inovasi, saat ini belum bisa dilakukan. Karena masih menunggu informasi dari pusat.

 

“Sosialisasi SIAK terpusat tersebut baru dilakukan di wilayah Kecamatan Tegal Timur saja, untuk kecamatan lain menyusul,” ujarnya.

 

Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang kepengurusan Adminduk yang tidak mengunakan surat perantara RT dan RW. Kemudian untuk warga yang pindah datang sifatnya fluktuatif.

 

“Sehingga data tersebut akan kami buatkan setiap waktu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal