Lebaran Haji di Kota Tegal Bakal Berbeda, Catat Tanggalnya

Lebaran Haji di Kota Tegal Bakal Berbeda, Catat Tanggalnya

Di Masjid Jami Darussyifa RSUI Harapan Anda Tegal, akan menggelar solat Ied pada Sabtu 9 Juli besok-Agus Wibowo-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) - Lebaran Idul Adha 1443 H atau tahun 2022 ini nampaknya tidak seperti pada Lebaran Idul Fitri pada Mei 2022 kemarin. Sebab, lebaran haji ini banyak masyarakat muslim yang menggelarnya pada hari Sabtu 9 Juli besok.

Seperti halnya di Kota Tegal, banyak masyarakat muslim yang menggelar Solat Ied pada Sabtu (9/7) besok. Seperti di Masjid Jami Darussyifa yang berada di Komplek RSUI Harapan Anda di Jalan Abimanyu Randugunting Tegal.

Takmir Masjid Jami Darussyifa, Ust Muhammad Iqbal Sutrisna SHI mengatakan bahwa pihaknya menggelar Solat Ied pada Sabtu besok. Alasannya, mengikuti wukuf haji di arofah yang selalu dilakukan pada 8 dzulhijah. Sehingga 9 Juli lebaran.

"Memang betul ada selisih perbedaan waktu, antara arab saudi dengan indonesia. Namun itu hitungan jam, bukan hari," jelasnya Rabu (6/7). 

Sementara jika ada masyarakat muslim yang hendak menggelar solat Ied pada Sabtu, bisa ke Masjid Jami Darussyifa RSUI Harapan Anda Tegal.

"Apalagi kapasitas jamaah bisa mencapai seribu orang," ungkapnya.

Terpisah Sekretaris Masjid Agung Kota Tegal Abdul Khayi, menjelaskan kalau pihaknya akan menggelar solat ied pada Ahad 10 Juli 2022.

"Masjid Agung menggelar solat Ied pada Ahad 10 Juli 2022," terangnya.

Sedangkan memang, informasinya ada yang menggelar hari Sabtu. Namun demikian, tidak menjadi soal. Sebab adanya perbedaan ini, semua ini ada dasarnya masing- masing.

" Tidak ada masalah. Kalau kami mengikuti Rukiyatul hilal yang sudah diputuskan pemerintah," bebernya.

Boleh saja Menteri Agamanya hari Sabtu, karena beliau sedang berada di Arab Saudi. Namun ini di Indonesia, yang waktunya juga berbeda.

"Contoh, puasa saja antar wilayah indonesia berbeda. Yakni adanya Indonesia Bagian Timur dan Indonesia Bagian Barat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: