SD Mutu Kota Tegal Adakan IHT Sekolah Penggerak

SD Mutu Kota Tegal Adakan IHT Sekolah Penggerak

Peserta dan narasumber IHT yang diadakan SD Muhammadiyah 1Kota Tegal mengikuti sesi foto bersama.-K. Anam Syahmadani-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) - Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 (SD Mutu) Kota Tegal mengadakan In House Training (IHT) Program Sekolah Penggerak selama empat hari di sekolah, Jalan Cempaka, Senin (27/6) sampai Kamis (30/6). IHT diikuti seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran yang berjumlah 23 guru, dengan menghadirkan enam narasumber.

 

Keenam narasumber tersebut yakni Nur Khalim MSi, Munarso MPd, Zuhrotunisa SPd SD, Akhmad Maskur SPd, Fatin Chamamah SPd, dan Ina Oktaviana SPd SD.

 

“IHT ini diadakan untuk penguatan materi pembelajaran paradigma baru dan meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan paradigma pembelajaran baru,” kata Kepala SD Mutu Nur Khalim MSi.

 

Menurut Nur Khalim, pembelajaran dengan paradigma baru direncanakan berdasarkan prinsip pembelajaran diferensiasi. Sehingga, setiap siswa belajar berdasarkan kebutuhan dan tahap pengembangannya.

 

Maka perlu adanya penyesuaian dan sinkronisasi dalam proses pembelajaran di sekolah, ungkap Nur Khalim.

 

Salah satu narasumber yang menyampaikan materi dalam IHT ini, Munarso MPd menyampaikan, Sekolah Penggerak merupakan suatu program mewujudkan visi Pendidikan Indonesia.

 

“Yaitu visi mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila,” beber Munarso.

 

SD Mutu bertekad menjadi lembaga pendidikan Islam terdepan, dengan output berkarakter Islami. Metode pembelajaran diawali pembiasaan setiap pagi. Di antaranya, hafalan surat Alquran, bacaan salat, doa, Asmaul Husna, hadis, dan sains. Kemudian, pengenalan Bahasa Jawa, Conversation, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

 

Ekstrakurikuler yang diselenggarakan meliputi Hizbul Wathan, Rumah Tahfidz, Drumband, Seni Musik, Seni Tari, Seni Lukis, Multimedia, Robotic, Sains Club, English Club, Arabic Club, Tapak Suci, Futsal, Badminton, Panahan, Renang, dan Tenis Meja. SD Mutu berharap bisa menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi dan berakhlak mulia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal