Sakit, ABK Yatim Piatu Asal Kota Tegal Telantar di Maluku

Sakit, ABK Yatim Piatu Asal Kota Tegal Telantar di Maluku

Kakak ABK, Usmia Nurjanah Effendy, menunjukan foto adiknya, Aditya Nur Rizky, yang dirawat di Rumah Sakit (RS) Cendrawasih Dobo, Provinsi Maluku.(FOTO MEIWAN DANI RISTANTO/RADAR TEGAL)--

TEGAL (Disway Jateng) - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) bernama Aditya Nur Rizki, 25, warga Jalan Kyai Muklas, RT 3 RW III, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, telantar di Rumah Sakit (RS) Cendrawasih Dobo, Provinsi Maluku, akibat mengidap sakit paru-paru. Saat ini kondisinya kian membaik dan diminta segera pulang.

 

"Tapi karena tidak punya uang, Aditya tidak bisa pulang dan masih tertahan di sana," kata kakak Aditya, Usmia Nurjanah Effendy.

 

Menurut Mia, sapaan Usmia Nurjanah Effendy, dia dan kedua adiknya sudah tidak punya orang tua karena sudah meninggal dunia. Bahkan adik keduanya, Deva Nur Reza Riyadi, tidak tahu ada di mana setelah mengikuti anak Punk jalanan. Sedangkan adik pertamanya, Aditya Nur Rizki, tertahan di Maluku, karena sakit.

 

"Sudah dua bulan dirawat di RS Cendrawasih Dobo tetapi tidak bisa pulang karena tak punya biaya. Barusan saya dihubungi pihak RS diminta untuk memulangkan adiknya, tapi saya bingung karena tidak punya biaya," ujarnya.

 

Mia sudah berusaha mencari bantuan kesana-kemari untuk memulangkan adiknya tapi belum membuahkan hasil. Untuk kapal yang membawa adiknya, dia mengaku tidak tahu.

 

"Adik bilangnya kapal jaring, tapi nama pastinya tidak tahu, kapal apa dan berangkat kapan. Setahu saya, adik saya di rumah sakit sudah dua bulan," ungkapnya.

 

Sementara, Lurah Panggung Amin Suseno menyampaikan memang benar ada warganya yang mengurus surat kurang mampu untuk Aditya Nur Rizky. Tetapi dia kurang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

 

"Jika itu benar, maka Aditya butuh pertolongan segera," pungkasnya. (mei/wan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal