Antisipasi Cacar Monyet, Ganjar Minta Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Antisipasi Cacar Monyet, Ganjar Minta Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

KETERANGAN-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan keterangan.--

JEPARA (DiswayJateng)-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak dini mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi penyakit cacar monyet di Jawa Tengah. Ia meminta kepada masyarakat untuk terus menjada pola hidup sehat seperti yang dilakukan selama pandemi.

 

"Kemarin sudah ada indikasi-indikasi (dari Dinas Kesehatan). Sekarang lagi dilakukan pendalaman, termasuk tracingnya sehingga kita musti hati-hati betul, karena itu virus maka hidup bersih sehat musti dijaga," katanya saat kunjungan kerja di Jepara, Selasa (31/5).

 

Ganjar menjelaskan, pola hidup sehat itu meliputi asupan gizi yang cukup, kebiasaan cuci tangan sebelum makan, kemudian memakai masker ketika sedang sakit. Semua itu harus dilakukan dengan kesadaran masing-masing untuk saling menjaga.

 

"Musti punya kesadaran. Kita sudah belajar dari pandemi. Maka betul-betul harus sadar, kalau demam di tubuhnya segera periksa karena itu indikasi-indikasi awal yang musti kita bereskan," katanya.

 

Selain itu, Ganjar juga sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk terus memantau perkembangan virus cacar monyet tersebut. Meskipun belum ditemukan adanya indikasi bahwa penyakit itu sudah masuk ke Jawa Tengah.

"Sekarang lagi kita pantau terus. Untuk yang satu ini kami belajar dari pandemi lalu," kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diswayjateng.id