Presiden Jokowi Berkurban di Desa Dermasuci Kabupaten Tegal, Berapa Bobot Sapinya?

Presiden Jokowi Berkurban di Desa Dermasuci Kabupaten Tegal, Berapa Bobot Sapinya?

-Salah satu sapi yang akan ditawarkan kepada tim Presiden Jokowi untuk kurban di Desa Dermasuci( FOTO YERI NOVELI/RADAR TEGAL)-

SLAWI (Disway Jateng) – Masyarakat Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah kali ini bisa tersenyum bahagia. Tak disangka-sangka, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan berkurban sapi di desa tersebut.

Hewan yang beratnya lebih dari 800 kilogram itu akan dikurbankan pada Lebaran Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada 9 Juli 2022.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal Sugiyanto membenarkan informasi tersebut. Dia mendapat perintah dari Dinas Peternakan Provinsi Jateng untuk mencarikan sapi buat hewan kurban Presiden Jokowi. Dinas meminta agar sapi untuk kurban itu dari sapi lokal dan peternak setempat.

“Syaratnya bobotnya sapi di atas 800 kilogram, dan sapi lokal,” kata Sugiyanto, saat dihubungi, Jumat (27/5).

Setelah mendapat perintah itu, pihaknya langsung berkeliling mencari sapi dengan kriteria tersebut. Diperoleh sapi dengan bobot sekitar 920 kilogram di Peternak Sapi Kemuning, Kecamatan Kramat. Selain itu, sapi dengan bobot sekitar 910 kilogram di Peternak Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah. Namun demikian, untuk penentuan sapi yang akan dibeli tergantung tim kepresidenan yang akan turun langsung ke lapangan.

“Kami juga diminta untuk mencarikan sapi kurban bagi Gubernur Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Kesehatan Jateng. Kami akan antarkan ke peternak di Kabupaten Tegal,” sambungnya.

Saat ditanya soal harga jual, Sugiyanto menjelaskan, dari tim kepresidenan akan membeli dengan harga sesuai di pasaran. Harga dihitung untuk perkilogram daging sesuai dengan berat sapi hidup. Sementara itu, sapi-sapi pesanan Presiden Jokowi, Gubernur Jateng dan Kepala Dinas Peternakan Jateng akan disembelih di Desa Dermasuci.

“Iya, sapi kurban itu akan disembelih di Dermasuci. Kami sudah koordinasi dengan Kepala Desa Dermasuci,” ujarnya.

Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto mengaku telah mendapatkan informasi tersebut. Pihaknya sangat bersyukur karena mendapatkam sapi dari Presiden Jokowi. Bahkan, Gubernur Ganjar dan Kepala Dinas Peternakan Jateng juga akan menyumbangkan hewan kurban ke Dermasuci.

“Ini berkah bagi masyarakat Dermasuci yang akhir-akhir ini ditimpa musibah tanah bergerak,” tukasnya. (yer/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal