Target Pendapatan Retribusi Brebes Rp 33,2 M, Tapi Cuma Terealisasi Setengahnya

Target Pendapatan Retribusi Brebes Rp 33,2 M, Tapi Cuma Terealisasi Setengahnya

BREBES (Disway Jateng) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Brebes mencatat realisasi penerimaan retribusi daerah kabupaten Brebes tahun 2021 yang masuk PAD hanya Rp 15,7 miliar atau sekitar 47,45 persen, dari target Rp 33,2 miliar.

Komisi II DPRD Kabupaten Brebes pun menyoroti rendahnya realisasi penerimaan retribusi daerah kabupaten Brebes, pada tahun 2021 hanya mencapai sekitar 47,45 persen tersebut.

"Perda Restribusi sudah mulai diberlakukan, tapi tidak tersosialisasi. Kalau tidak ada semangat untuk sosialisasi dan niatan, ya nggak bakalan bisa mencapai target. Paling tidak tahun ini bisa lah mencapai minimal 70 persen," kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Brebes, Nasikun, Jumat (8/4/2022).

Politisi PDIP itu mengaku optimis tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar retribusi disejumlah bidang akan naik seiring dengan pengetahuan terkait Perda Restribusi tersebut. "Tidak hanya misal dari Bapenda saja yang bergerak, tapi seluruh OPD harus gencar memberikan edukasi terkait retribusi ini. Karena ini butuh keseriusan," tegasnya.

Ia menyebut, untuk memaksimalkan realisasi retribusi juga harus dilakukan dengan berbagai cara. Misal, satu cara diantaranya dengan penerapan e-retrubusi. "Kemarin saya lihat di pasar (pasar Wage) Hewan Bumiayu disini sudah menerapkan e-retribusi. Mudah-mudahan ini terus berjalan dan yang lain bisa mengikuti," pungkasnya

Sementara itu, Kapala Bidang Pajak dan Retribusi Bapenda Brebes, Fetiana Dwiningrum mengatakan, pihaknya hanya menerima laporan realisasi dari masing-masing OPD setiap tahunnya. Sedangkan untuk upaya pemenuhan target retribusi ini dilakukan oleh masing-masing OPD.

"Kalau kita sifatnya hanya koordinator dan menerima laporan dari masing-masing OPD terkait realisasinya. Kalau upaya pemenuhan target untuk menggenjot PAD itu juga oleh masing-masing OPD," katanya.

Penulis: Eko Fidiyanto
Editor: Ismail Fuad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: