10 Fitur Canggih Android 14, Berikut Daftarnya

Senin 28-10-2024,06:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Anda juga bisa langsung mengakses aplikasi atau menu yang paling sering Anda buka langsung dari lockscreen melalui sistem shortcut (pintasan).

5. Fitur aksesibilitas untuk tunanetra

Untuk pengguna dengan gangguan penglihatan, fitur kaca pembesar yang diperbarui di Android 14 menjadi lebih canggih. Pengguna dapat memperbesar dan memperkecil hanya dengan mencubit kaca pembesar.

Ukuran kaca pembesar juga bisa diatur melalui panel pengaturan yang baru dan disesuaikan seberapa besar bagian layar yang ingin diperbesar.

BACA JUGA:5 Solusi Mengatasi Sinyal Hp Android Lemah

6. Membatasi Akses Foto dan Video

Fitur Android 14 yang berfokus pada privasi. Kapan pun Anda harus mengunggah gambar ke aplikasi media sosial, Anda harus memberikan izin kepada aplikasi tersebut untuk mengakses seluruh penyimpanan Anda. 

Mengapa Anda ingin memberikan aplikasi tersebut akses ke seluruh penyimpanan Anda hanya untuk mengunggah satu gambar? 

Di situlah pengaturan izin baru berperan. Sekarang, alih-alih memberikan izin ke seluruh penyimpanan Anda, Anda dapat memberikan izin ke foto dan video tertentu yang ingin Anda unggah.

Saat pop-up izin penyimpanan muncul, ketuk opsi Pilih foto dan video dan pilih foto yang ingin Anda unggah tanpa memberikan akses penuh ke aplikasi.

7. Gunakan Kamera Android sebagai Webcam

Kebanyakan laptop dilengkapi dengan webcam berkualitas rendah. Namun Anda dapat melakukan panggilan video lebih baik dengan menggunakan ponsel Android Anda sebagai webcam. 

Fitur ini diperkenalkan di iOS tahun lalu dan berfungsi baik dengan Mac. Namun fitur Webcam di Android berfungsi di Windows, Mac, dan bahkan ChromeOS.

Namun, Anda perlu menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB. Kemudian Anda cukup mengetuk notifikasi USB dan memilih opsi Webcam untuk mulai menggunakan kamera ponsel Anda sebagai webcam sistem Anda.

8. Perlindungan data dengan aplikasi pihak ketiga

Demikian pula, saat kami memberikan izin pada suatu aplikasi, kami tidak dapat memastikan apakah aplikasi tersebut membagikan data tersebut dengan beberapa layanan pihak ketiga.

Kategori :