Fun Run Mlayu Bareng Psikiater

Minggu 20-10-2024,15:24 WIB
Reporter : Umar Dani
Editor : Umar Dani

SEMARANG, diswayjateng.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, RSJD Amino Gondohutomo, yang lebih dikenal dengan Amino Hospital, menggelar acara Fun Run bertajuk “Mlayu Bareng Psikiater” di kawasan Simpang Lima Semarang, pada Minggu pagi, 20 Oktober 2024.

Acara ini bertujuan tidak hanya untuk mengajak masyarakat menjalani gaya hidup sehat, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan jiwa. 

Direktur Amino Hospital, Alek Jusran, menyatakan bahwa kegiatan lari bersama psikiater merupakan salah satu cara rumah sakit untuk memberikan layanan kepada warga Kota Semarang dalam hal kesehatan mental.

"Lari bersama psikiater ini adalah cara kami untuk mengajak masyarakat bersenang-senang, berolahraga, dan menjaga kebugaran sambil tetap bahagia" ujar Alek setelah acara selesai.

Selain itu, kata Alek kami juga membuka layanan konsultasi kesehatan jiwa di sekitar Simpang Lima.

Menurut Alek masalah kesehatan mental semakin kompleks dalam beberapa tahun terakhir.

“Banyak masalah psikologis yang muncul, semakin rumit dan berat, sehingga edukasi tentang kesehatan jiwa menjadi sangat penting bagi masyarakat agar mereka bisa lebih siap menghadapi tekanan hidup” ujarnya.

Sementara itu, psikiater dr. Ayu Mekar Sumila menjelaskan bahwa tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini fokus pada kesehatan mental di tempat kerja.

Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mental memiliki dampak yang signifikan terhadap produktivitas kerja seseorang.

“Banyak peserta yang datang berkonsultasi mengenai masalah yang mereka alami di tempat kerja,” ujar dr. Mila.

Ia juga menambahkan bahwa generasi saat ini lebih terbuka mengenai isu-isu kesehatan mental, dengan stigma negatif yang semakin berkurang.

Dr. Mila berharap bahwa dengan semakin meningkatnya kesadaran, masyarakat dapat menghilangkan stigma terkait gangguan psikiatrik dan saling memberikan dukungan.

“Masyarakat harus lebih sadar bahwa ketika mereka membutuhkan bantuan, tidak perlu merasa malu untuk berkonsultasi,” tutupnya.

Kategori :

Terkait

Minggu 20-10-2024,15:24 WIB

Fun Run Mlayu Bareng Psikiater