Disetujui Paripurna DPR, Herindra Sah Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Sabtu 19-10-2024,13:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

JATENG.DISWAY.ID - Sah, Herindra jadikan kepala BIN (Badan Intelijen Negara) untuk menggantikan Budi Gunawan. Hal ini ditetapkan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Kamis (17/10/2024). Rapat dihadiri 387 anggota.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan penetapan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan.

"Apakah laporan tim DPR RI yang memutuskan bahwa saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan saudara Budi Gunawan bisa disetujui?" kata Puan dalam rapat. 

"Setuju" ujar peserta rapat. 

"Terima kasih," ujar Puan lagi.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Tegal Temukan Surat Suara DPR RI Rusak

BACA JUGA:Pecah Telur, Rizal Bawazier Anggota DPR RI 2024-2029 Pertama PKS dari Dapil X Jateng

Berdasarkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar DPR RI, delapan fraksi menyetujui Herindra menjadi calon Kepala BIN atau Badan Intelijen Nagara menggantikan Budi Gunawan.

Sebelumnya, DPR telah menyetujui Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan Budi Gunawan. Keputusan ini diambil setelah DPR mengadakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Herindra yang digelar secara tertutup, Rabu (16/10/2024).

"Yang mana hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan bahwa Bapak Muhammad Herindra sebagai satu satunya calon Kepala Badan Intelijen Negara, dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh presiden yang nantinya akan dilantik pada tanggal 20 Oktober yaitu Presiden Prabowo Subianto," ujar Puan, kemarin.

"Setelah ini saya atau pimpinan DPR berkirim surat kepada pemerintah. Bahwa nanti pelantikannya itu kapan, ya kami akan serahkan kepada pemerintah," ujar Puan.

BACA JUGA:Komisi I DPR RI; Satu Data di Jawa Tengah Udah Maju Banget

BACA JUGA:Soal Penangkapan Dua Anggota DPR RI Terkait Sabu, Kapolres Jakbar: Intinya Itu Tidak Benar

Selanjutnya, hasil paripurna akan dikirimkan melalui surat kepada pemerintah. Sementara itu, pelantikan Herindra sebagai kepala BIN akan menjadi ranah pemerintah untuk memutuskan.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai Herindra jadikan kepala BIN (Badan intelijen Negara) menggantikan Budi Gunawan yang ditetapkan oleh ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna yang digelar di gedung MPR/DPR RI. Semoga bermanfaat.

Kategori :