Wahyu Dwi Setyaningrum, Jadi Perempuan Pertama Menjabat Wakil Ketua DPRD Sragen

Kamis 17-10-2024,13:46 WIB
Reporter : Mukhtarul Hafidh
Editor : Wawan Setiawan

SRAGEN, diswayjateng.id - Nama Wahyu Dwi Setyaningrum sudah tidak asing lagi di kalangan politikus dan pengusaha Sragen. Berikut ini profil dari perempuan inspiratif yang sekarang ini jadi pimpinan DPRD Sragen tersebut.

Karier politik dari putri seorang juragan lombok asal Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Wahyu yang mengawali karir dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sragen. Karier Wahyu dalam dunia politik terus melejit setelah memenangkan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) tahun 2014 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sragen 1. 

Perempuan yang akrab disapa Mbak Wahyu ini, sejak terpilih menjadi anggota DPRD Sragen periode 2014-2019. Wahyu masuk dalam jajaran pimpinan DPC Partai Gerindra Sragen, yakni sebagai Bendahara DPC Partai Gerindra Sragen. 

Seiring dengan dinamika pergantian pimpinan di DPC Partai Gerindra Sragen, Wahyu juga pernah menduduki jabatan Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Sragen. Kemudian pada 11 Juli 2020, perempuan cantik, kelahiran Sragen 24 Februari 1987 ini resmi menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Sragen hingga sekarang.

Pada pemilu 2024 ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Partai Gerindra Sragen di bawah kepemimpinan Wahyu. Jumlah kursi di DPRD Sragen terus bertambah sejak tiga pemilu terakhir yakni Pemilu 2014, Pemilu 2019. Hal yang paling mengejutkan pada Pemilu 2024 ini. Jumlah kursi itu meningkat menjadi enam kursi pada Pileg 2024 sehingga Partai Gerindra Sragen mendapat jatah satu kursi pimpinan DPRD Sragen untuk kali pertama karena perolehan suara Partai Gerindra Sragen terbesar keempat setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ).

Wahyu mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Gerindra untuk menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Sragen yang dilantik pada Selasa (15/10/2024) lalu. 

“Tentu yang paling utama adalah, Saya bersyukur Alhamdulillah mendapatkan amanah ini. Saya akan bekerja semaksimal mungkin sambil belajar. Partai Gerindra Sragen memecahkan telur karena baru pertama kali mendapatkan pimpinan DPRD Sragen. Saya menjadi pimpinan DPRD Sragen kali pertama dari Partai Gerindra Sragen,” ujar Wahyu.

Wahyu yang diketahui merupakan lulusan Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) itu, dalam maksudnya sebagai pimpinan DPRD Sragen, ia akan menjalankan fungsi-fungsi penganggaran, fakultas pengawasan, dan legislasi secara maksimal sekaligus untuk membesarkan Partai Gerindra. 

“Kursi pimpinan DPRD Sragen itu menjadi cita-cita Gerindra sejak lama. Selama saya menjadi Ketua DPC Partai Gerindra, cita-cita itu berhasil diraih,” ujar Wahyu 

Wahyu yang melenggang ke DPRD Sragen untuk periode ketiga dengan perolehan suara pribadinya sebanyak 8.300-an suara. Dia berharap dengan kekuatan enam kursi dan pimpinan DPRD Sragen akan semakin bisa mengakomodasi aspirasi masyarakat, khususnya konstituen Partai Gerindra.

Dia menyatakan semakin besar jumlah kursi dan mendapatkan kursi pimpinan maka aspirasi yang diberikan kepada masyarakat lebih luas dan lebih besar. Apalagi Partai Gerindra juga memiliki Presiden Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.

“Kami tentunya siap mengawal program-program presiden sampai ke tingkat daerah,” ujarnya.

Kategori :