9 Perbedaan Telegram X dan Telegram Biasa, Apa Saja?

Jumat 18-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

JATENG.DISWAY.ID - Aplikasi Telegram Messenger kini semakin populer dan sering dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya seperti WhatsApp, Line, dan BlackBerry Messenger. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa terdapat versi lain dari Telegram, yaitu Telegram X. Apa saja perbedaan antara Telegram X dan Telegram biasa, apa saja kelebihannya?

Telegram X adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Telegram pada Mei 2015 dan tersedia di Google Play Store. Ukuran aplikasi ini hampir sama dengan Telegram, tetapi Telegram X menawarkan fitur-fitur yang tidak ada di versi biasa. Oleh karena itu, ketahui perbedaan antara Telegram X dan Telegram biasa, apa saja kelebihannya?

Meskipun terdapat perbedaan fitur, kedua aplikasi ini tetap memiliki fungsi utama yang sama, yaitu untuk bertukar pesan secara online. Lalu, apa saja perbedaan antara Telegram X dan Telegram biasa, apa saja kelebihannya?

Bagi yang belum mengetahui, simak artikel yang dilansir Telset.id, mengenai perbedaan antara Telegram X dan Telegram biasa, serta kelebihannya. Mari simak artikel dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:4 Penyebab Kamera Hp Tidak Berfungsi Normal

Berikut adalah 9 perbedaan dan kelebihan antara Telegram X dan Telegram biasa:

1. Menu Panggilan di Halaman Utama

Perbedaan pertama antara Telegram dan Telegram X terletak pada menu Panggilan yang lebih terlihat. Jika kamu menggunakan Telegram dalam waktu lama, pasti sudah familiar bahwa menu Panggilan berada di dalam ikon tiga garis.

Namun, di Telegram X, pengguna dapat melihat daftar panggilan langsung di halaman utama. Cukup klik menu Panggilan atau geser ke kiri di sebelah kanan Chats.

2. Pilihan Bahasa yang Tersedia

Telegram X menawarkan berbagai pilihan bahasa default, termasuk bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Melayu. Namun, bagaimana dengan bahasa Indonesia?

Dalam menu pilihan bahasa, bahasa Indonesia memang tidak terlihat. Meskipun demikian, kamu masih bisa mendapatkan opsi terjemahan bahasa Indonesia dengan mengakses versi beta dari Telegram X.

Setelah mengakses versi beta, kamu akan menemukan paket pilihan bahasa Indonesia yang sama seperti yang tersedia di aplikasi Telegram biasa.

3. Tulisan Telegram di Awal

Pada aplikasi Telegram biasa, kamu dapat menemukan tulisan Telegram di bagian atas, namun hal ini tidak berlaku untuk aplikasi Telegram X. Di aplikasi ini, tidak ada tulisan Telegram X atau Telegram yang ditampilkan.

Kategori :