PD Aisyiyah Kota Tegal Adakan Pelatihan Public Speaking

Selasa 15-10-2024,07:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

TEGAL, jateng.disway.id - Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kota Tegal, mengadakan pelatihan publik speaking di Gedung Aisyiyah, Kota Tegal. Pelatihan tersebut diikuti pengurus harian, ketua pimpinan cabang, karyawan amal usaha Aisyiyah, guru PAUD, SD, paramedis dan karyawan panti asuhan. Pelatihan tersebut dilakukan agar mereka nantinya bisa berbicara dengan baik di depan umum.

"Era saat ini, sampai kapan pun ketika berbicara di depan umum harus memiliki etika dan adab yang baik. Sehingga Aisyiyah yang merupakan Ormas perempuan terbesar dapat menjadi contoh, dapat berbicara dengan penuh beretika dan berwibawa di depan umum," kata Ketua PD Aisyiyah Kota Tegal Dewi Umaroh.

Narasumber pada materi publik speaking tersebut, Hastuti Handayani yang menyampaikan tentang etika saat berbicara di depan umum yaitu dengan 

Behavior yang berarti bersikap, penerapan etika, pemilihan kata yang baik. Kemudian Brain yaitu penguasan materi, memiliki wawasan dan pemilihan kata yang aktual. Dilanjutkan Beauty adalah penampilan yang baik, bahasa tubuh yang bagus, ketepatan, intonasi dan invoice.

BACA JUGA:Milad 107 Tahun, PD Aisyiyah Kota Tegal Adakan Beragam Kegiatan

BACA JUGA: Mantapkan Pilihan di Pilkada, Aisyiyah Undang Dialog Dua Paslon Cabup dan Cawabup Kudus

"Semua itu harus dipadu dengan modal percaya diri dalam berbicara di depan umum. Karena percaya diri bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang menyenangkan, hal itu dapat dilakukan dengan etika, skill dan wawasan," katanya.

Kemudian dalam public speaking harus memiliki etika, persiapkan dengan matang, jujur, berbahasa yang baik, hindari etnosentrisme, hindari plagiatisme. Karena dengan etika maka akan dapat saling melekat. Karena publik speaking tanpa etika maka dapat dipastikan gagal.

"Sehingga dalam publik speaking yang harus diperhatikan yaitu materi, bahasa, teknik berbicara, penampilan dan cara penyampaian," pungkasnya.

Kategori :