5 Cara Bebas dari Utang Pinjaman Online Tanpa Bayar Sepeserpun

Minggu 13-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Cara bebas dari utang pinjol tanpa bayar berikutnya yaitu cek status perusahaan pinjaman online. Ketika sedang membutuhkan uang, kebanyakan orang akan merasa terburu-buru menggunakan layanan pinjaman online atau pinjol tanpa memperhatikan apakah layanan pinjaman online itu legal atau ilegal.

Jika perusahaan pinjaman online yang digunakan legal, maka kalian wajib melunasi utang karena jika tidak dampaknya akan tidak baik, seperti membuat data kalian di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menjadi jelek dan tentunya menjadi incaran debt collector (DC).

BACA JUGA:3 Cara Terbebas Utang Pinjol dengan Tepat, Simak Langkahnya

BACA JUGA:Mitos Utang Pinjol Bisa Hangus, Ternyata ini Alasannya

5. Jangan Meminjam Lagi

Mengambil pinjaman tambahan untuk membayar utang pinjaman online yang ada biasanya hanya akan memperburuk situasi. Cobalah untuk menghindari mengambil utang baru sehingga kalian tidak semakin terjerat dalam utang yang berkepanjangan.

Sedangkan, jika kalian sudah mengecek dan ternyata perusahaan pinjaman online yang digunakan ilegal, maka kalian bisa terbebas dari utang pinjaman online tanpa bayar sepeserpun dengan syarat harus melaporkan perusahaan pinjaman online tersebut ke pihak berwajib seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Satgas Waspada Investasi, maupun kepolisian.

Jika memang laporan kalian disertai bukti kuat bahwa pinjaman online yang digunakan memang ilegal, maka utang kalian bakal dihapus dan tentunya tidak perlu membayarnya lagi.

Seperti diketahui, pinjaman online ilegal beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sebagaimana mestinya yang sudah ditentukan oleh OJK, mulai dari minimal suku bunga, kejelasan identitas perusahaan, cara penagihan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi seputar cara bebas dari utang pinjol tanpa bayar bahkan sepeserpun yang bisa dilakukan agar terhindar dari teror dan kejaran debt collector. Semoga bermanfaat.

Kategori :