Inovasi Pelayanan Publik, Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan dari Kemenpan RB

Rabu 09-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Umar Dani
Editor : Wawan Setiawan

JAKARTA, Diswayjateng.id- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Dua penghargaan tersebut meliputi kategori Instansi Pembina di cakupan provinsi dalam pelayanan publik dan kategori Inovasi kelompok berkelanjutan dalam pelayanan publik.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan-RB, Abdullah Azwar Annas kepada Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 di Hotel Sheraton Grand Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024. 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah sangat penting untuk dibangun.

“Hal ini memastikan bahwa reformasi birokrasi memberikan dampak nyata kepada masyarakat” kata Abdullah 

PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana mengapresiasi penghargaan yang diberikan Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Menurut Nana penghargaan tersebut menambah motivasi bagi pemerintah provinsi Jateng dan kabupaten/kota untuk lebih dekat dengan masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh pegawai negeri sipil di Jateng. Kami berkoitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Nana. 

Nana mengatakan Inovasi pelayanan publik adalah salah satu strategi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas. Oleh karena itu, pelayanan tersebut harus mudah, murah, cepat, berkualitas dan akuntabel. 

Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Setda Provinsi Jateng, Dadang Soemantri menambahkan, penghargaan diberikan terkait dengan inovasi pelayanan publik yang telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo (Banyumas) dan RSUD Dr Rehatta (Jepara).

Dadang menjelaskan Inovasi yang dilakukan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo meliputi pengembangan sistem persediaan obat/farmasi, sistem antrian layanan pasien, dan pengembangan sistem SMS Gateway menuju registrasi online.

Sedangkan inovasi RSUD Dr Rehatta adalah perawatan luka kusta menyeluruh dengan garden healing, mentoring, dan kolaborasi yang terintegrasi.

“Ini bukti bahwa yang sudah dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di bawah kepemimpinan Bapak Pj Gubernur Nana Sujana sudah on the track. Kita terus mengembangkan untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucapnya.

Dadang berpendapat, penghargaan yang diperoleh menjadi penyemangat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah, cepat, dan berintegritas. 

Pemprov Jateng pun terus mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk aktif berinovasi. 

Kategori :