Satpol PP Kabupaten Tegal Terjunkan 9.396 Personel Satlinmas Amankan Pilkada 2024

Selasa 08-10-2024,14:35 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menerjunkan 9.396 personel Satlinmas untuk mengamankan Pilkada 2024. 

Sebelum diterjunkan, ribuan personel dari 18 kecamatan ini sudah mendapat arahan dari Satpol PP Kabupaten Tegal.

"Kemarin kami juga sudah menggelar Rakor dengan petugas kecamatan di Mako Satpol PP. Kami memberikan arahan agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar," kata Plt Kabid Trantibum Satpol PP Kabupaten Tegal Tabah Topan Widodo melalui Kasi Trantib Linmas Maliki, saat ditemui di kantornya, Selasa (8/10/2024).

BACA JUGA:Pencari Ikan Paruh Baya Ditemukan Tewas di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal

Dia menjelaskan, 9.396 personel Satlinmas ini akan disebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tegal. Mereka akan dibagi menjadi dua kelompok. 

Untuk kelompok pertama sebanyak 4.698 personel yang akan bertugas di dalam TPS. Sedangkan sisanya, bertugas di luar TPS. 

"Yang di dalam TPS, nanti honornya dari KPU. Tapi kalau di luar TPS, honornya dari pemerintah daerah," kata Maliki.

Dia meminta, saat melakukan pengamanan, para personel wajib memakai seragam lengkap Satlinmas. Aturan itu harus dipatuhi. Karena jika dilanggar, akan mendapat teguran dari Satpol PP.

BACA JUGA:Siswi SMK Semarang Hilang saat Mendaki Gunung Slamet

"Jangan seperti Pemilu kemarin, ada beberapa Satlinmas yang bertugas di luar TPS tapi tidak memakai seragam lengkap," ujarnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi berharap, pelaksanaan Pilkada 2024 ini berjalan lancar dan kondusif. Tidak ada gesekan atau persoalaan yang menimbulkan perpecahan di masyarakat.

"Satlinmas harus bekerja netral. Jangan memihak ke salah satu paslon meskipun memiliki hak suara," pesannya. (adv)

Kategori :