Pencari Ikan Paruh Baya Ditemukan Tewas di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal

Selasa 08-10-2024,13:55 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Maut menjemput Sala, 71, warga Dusun Krajan RT 08/01 Desa Cibuyur, Kecamatan Warugpring, Kabupaten  Pemalang. Dia ditemukan terbujur kaku di Pulau Gendu Perairan Waduk Cacaban, Selasa (08/10/2014).

Kapolres Tegal AKBP Andi  M Indra  Waspada Amirullah  melalui kapolsek Kedungbanteng Iptu Didik Susilo menyatakan, dari keterangan anak kandung korban. Terungkap bahwa korban pada hari Senin (7/10/2024)  sekitar pukul 05.090 WIB  berpamitan hpergi ke Waduk Cacaban untuk mencari  ikan. "Korban membawa jaring dan  jeriken ukuran 20 liter," ujarnya.

BACA JUGA:Kembangkan Kreativitas, SMA Negeri 4 Kota Tegal Adakan Karnaval Sernesta Smapat Hebat

Namun tidak seperti biasanya, sampai pukul 16.00 WIB, korban tidak kunjung pulang. Hingga pada pukul 20.00 WIB sang anak memutuskan untuk menyusul bapaknya pergi menuju ke Waduk Cacaban menggunakan sepeda motor. Sesampainya di Desa Penujah, anak korban menelusuri akses jalan yang biasanya di lewati korban saat menuju ke Waduk Cacaban. 

Dengan menumpang perahu kecil milik nelayan setempat, anak korban  menelusuri perairan Waduk Cacaban hingga Selasa, 08 Oktober 2024 pukul 07.30 WIB. "Tepatnya di pulau Gendu, bapaknya berhasil ditemukan dengan posisi setengah terapung terikat dengan sebuah jeriken miliknya yang biasa digunakan sebagai pelampung saat mencari ikan di Waduk Cacaban," ungkapnya.

BACA JUGA:Festival Literasi Pemalang 2024 Resmi Ditutup

Atas kejadian tersebut, anak korban memberitahukan kepada karyawan UPTD DTW Waduk Cacaban dan selanjutnya dilaporkan ke Polsek Kedungbanteng. Korban selama ini sudah terbiasa mencari ikan di perairan Waduk Cacaban. 

Dia memasuki area perairan Waduk Cacaban tidak melalui jalur resmi, melainkan masuk jalur bibir Sungai Menyawak Desa Penujah yang terhubung dengan Waduk Cacaban. "Keterangan pihak keluarga, korban tidak mempunyai riwayat penyakit serius, hanya karena sudah lanjut usia kerap mengeluh sakit kepala," tegasnya.

Diduga korban meninggal akibat kelelahan dan tenggelam saat berenang membawa jaring serta ikan hasil tangkapan yang cukup banyak. 

Kategori :