4 Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal

Jumat 20-09-2024,22:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Praktik penipuan yang dilakukan oleh pinjol ilegal sangat berisiko merugikan finansial dan kesehatan mental kalian sendiri. Tips terhindar dari pinjol ilegal dapat menjadi solusi bagi kalian agar aman dari berbagai jebakan penipuan. 

Pinjol ilegal sering menggunakan DC lapangan untuk menagih utang nasabah. DC lapangan biasanya mendatangi rumah nasabah secara langsung untuk menagih utang. Namun, tidak semua pinjol ilegal selalu menggunakan metode ini. Beberapa pinjol ilegal menggunakan metode penagihan lain seperti telepon, SMS, atau media sosial. Karena itu, tips terhindar dari pinjol ilegal perlu dilakukan.

Maraknya penipuan yang disebabkan oleh pinjol ilegal perlu diwaspadai dan diperhatikan, khususnya pengguna pinjol. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan mengenai beberapa tips terhindar dari pinjol ilegal supaya aman dari berbagai risiko. 

Lantas, bagaimana tips terhindar dari pinjol ilegal? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:7 Tips Ampuh Terhindar dari Jebakan Pinjol Ilegal

Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal 

1. Jangan Memberikan Data Pribadi Kepada Pinjol Ilegal

Hindari memberikan data pribadi seperti nomor KTP, nomor rekening bank, atau informasi sensitif lainnya kepada pinjol ilegal. Hal ini dapat menghindarkan kalian dari potensi penyalahgunaan data pribadi.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Sebelum meminjam uang melalui pinjol, tips terhindar dari pinjol ilegal perlu memastikan untuk membaca dan memahami syarat serta ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Pastikan bahwa kalian memahami semua biaya tambahan, jangka waktu pinjaman, dan kewajiban kalian sebagai nasabah.

3. Jangan Tergiur dengan Bunga Tinggi dan Syarat Mudah

Pinjol ilegal sering kali menawarkan bunga tinggi dan syarat mudah untuk menarik minat nasabah. Namun, hal ini dapat menjadi tanda bahwa perusahaan tersebut tidak mengikuti aturan yang berlaku.

BACA JUGA:6 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Paling Efektif

4. Pastikan Pinjol Terdaftar di OJK

Sebelum menggunakan layanan pinjol, tips terhindar dari pinjol ilegal berikutnya yaitu pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Ini akan memastikan bahwa perusahaan tersebut beroperasi secara legal dan mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku.

Kategori :