KKN Sumurpanggang Kota Tegal Bagi Bibit Terong

Kamis 19-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Mahasiswa KKN-Tematik kelompok 11 melaksanakan salah satu program kerja utama Ketahanan Pangan dengan menbagikan bibit terong untuk warga Pangset Kidul RT 08-09, RW 01, Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. 

"Melalui program tersebut, kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta keterampilan warga dalam menanam tanaman pangan secara mandiri, sehingga mereka lebih siap dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan, baik dalam jangka pendek maupun panjang di lingkungan mereka," kata Ketua KKN Alma Ata Yogyakarta Dimas Ramadhan.

BACA JUGA:20.000 Warga Ramaikan Jalan Sehat Karang Taruna

Sebelum memulai kegiatan, KKN mengadakan senam rutin mingguan yang diikuti oleh ibu-ibu warga Pangset Kidul, Sumurpanggang. Kegiatan senam itu bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik warga sekaligus mempererat kebersamaan diantara peserta. Setelah senam selesai, warga merasa lebih segar dan energik, dan siap untuk mengikuti kegiatan berikutnya dengan semangat. 

"Kegiatan fisik seperti ini, kami selenggarakan sebagai bagian dari pendekatan menyeluruh yang menggabungkan aspek kesehatan dan ketahanan pangan, sehingga warga tidak hanya bugar secara fisik tetapi juga mandiri dalam hal kebutuhan pangan," ujarnya.

BACA JUGA:APBD Kota Tegal Tahun 2025 Defisit Rp10,5 Miliar

Bibit terong dipilih sebagai contoh konkret untuk mengajarkan masyarakat tentang bagaimana menanam tanaman yang bisa mendukung ketahanan pangan keluarga. 

"Kami berharap, kegiatan itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya swasembada pangan melalui menanam tanaman di rumah mereka sendiri," ungkapnya.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Sementara itu, Lurah Sumurpanggang Ari Prsetya mendukung adanya program ketahanan pangan, sebab akan membantu warganya. Terutama dalam kebutuhan pangan setiap hari. Sehingga program itu sangat bermanfaat buat warga

"Terima kasih, program itu sangat bermanfaat untuk warga," pungkasnya.

Kategori :