8 Tips agar Pinjol Tidak Sebar Data, Apa Saja?

Rabu 18-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

4. Buat Kesepakatan

Jika kalian belum bisa melunasi pinjaman dan bunganya, kalian dapat membuat kesepakatan dengan pihak pinjol alias pinjaman online tersebut mengenai cara penagihannya.

Kalian dapat meminta keringanan dengan cara baik-baik dan membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa yang akan datang.

5. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal

Tips agar pinjol tidak sebar data berikutnya yaitu dengan menghindari konten promosi pinjol ilegal. Konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton agar melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjaman online atau pinjol yang dibahas. Tidak jarang video yang dibagikan berisi iming-iming dan janji keuntungan guna menarik minat penonton.

6. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjaman online atau pinjol, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian pakai merupakan platform ilegal.

BACA JUGA:Bagaimana Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi? Lakukan 10 Strategi Ini Dijamin Aman

7. Melaporkan ke Pihak Kepolisian

Menyebarkan data nasabah merupakan tindakan yang melanggar hukum. Sehingga jika pinjol alias pinjaman online melakukan penyebaran data, nasabah bisa melaporkannya kepada pihak berwenang.

8. Melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jika pinjol alias pinjaman online menyebarluaskan data pribadi nasabah, sebaiknya nasabah segera melaporkan kejadian tersebut ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melaporkan ke OJK akan membantu menyelesaikan masalah dengan cepat.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips agar pinjol tidak sebar data yang dapat kalian lakukan dan terapkan supaya data kalian tetap aman dan terlindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat. 

Kategori :