7 Tips Ampuh Terhindar dari Jebakan Pinjol Ilegal

Rabu 18-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Tips terhindar dari jebakan pinjol ilegal sangat penting diketahui oleh pengguna agar terhindar dari berbagai risiko. Adapun korban pinjol ilegal didominasi oleh guru (42 persen), pekerja terdampak pemutusan hubungan kerja atau PHK (21 persen), dan ibu rumah tangga (18 persen).

Pinjol ilegal memang sering kedapatan menawarkan jasa pinjaman dana melalui pesan, seperti SMS, WhatsApp dan iklan yang mencolok. Padahal hal ini merupakan aturan terlarang bagi platform fintech pendanaan, dan sudah disosialisasikan juga oleh OJK. Jika sudah terlanjur terjerat ke dalamnya, perlu memahami tips terhindar dari jebakan pinjol ilegal yang bikin resah. 

Saat ini, jebakan pinjol ilegal yang tidak berizin tidak main-main. Sebab peminjam bukan hanya dikenakan bunga yang tinggi, biaya administrasi tinggi, dan tenor pinjaman yang pendek, tapi juga teror hingga tindakan intimidasi. Karena itu, tips terhindar dari jebakan pinjol ilegal perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai risiko. 

Lantas, bagaimana tips terhindar dari jebakan pinjol ilegal? Berikut ada beberapa solusi efektif yang bisa kalian coba dan terapkan. Dilansir dari situs Kementerian Keuangan, berikut 7 langkah yang bisa kalian lakukan. 

BACA JUGA:5 Cara Mudah Berhenti dari Jeratan Pinjol Ilegal

Tips Terhindar dari Jebakan Pinjol Ilegal 

1. Atur Skala Prioritas

Membiasakan diri dengan membelanjakan uang berdasarkan skala prioritas juga menjadi salah satu tips terhindar dari jebakan pinjol ilegal. Utamakan untuk selalu mengedepankan kebutuhan primer, seperti makan, uang sewa rumah, biaya transportasi, listrik, air, dan lain-lain. Sedangkan keinginan untuk berlibur, menonton konser, atau kegiatan hiburan lain berada di bagian bawah. 

2. Susun Rencana Keuangan

Setiap permasalahan keuangan sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya perencanaan yang baik. Perencanaan keuangan bisa memetakan secara tepat antara jumlah penerimaan atau penghasilan dan pengeluaran. Adapun cara untuk mengatur keuangan secara sederhana yaitu membuat catatan untuk setiap pengeluaran, menyisihkan uang untuk dana darurat, menabung, hingga investasi. 

BACA JUGA:Tips Jitu Memilih Pinjaman Online yang Aman, agar Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal yang Mencekik Leher

3. Jangan Tergiur Hedonisme

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan pinjol untuk keperluan konsumtif, seperti membeli gawai baru, jalan-jalan, membeli baju, hingga tiket konser. Fenomena hedonisme karena mengikuti perkembangan tren tersebut tidak jarang berakibat pada maraknya kredit macet di sejumlah pinjol resmi hingga terjerat pinjol ilegal. 

4. Utang Hanya untuk Kebutuhan Produktif

Apabila masyarakat terpaksa meminjam uang di pinjol, maka pastikan dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan produktif. Selain itu, sebelum mengambil pinjaman, usahakan telah memahami skema angsuran serta besaran bunga dan denda yang harus ditanggung. Tidak hanya itu, pastikan untuk memilih pinjol legal yang terdaftar di OJK. 

Kategori :