Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024, Jateng Optimistis Kembali Raih Juara Umum

Sabtu 14-09-2024,19:15 WIB
Reporter : Rochman Gunawan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SURAKARTA - Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana Sudjana optimistis kontingen Jateng kembali meraih juara umum pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Solo Raya pada 6-13 Oktober 2024. 

"Kontingen Jawa Tengah sudah siap.  Target kita menjadi juara umum,"kata  Nana di sela rapat kesiapan penyelenggaraan Peparnas di Gedung Sekretariat Bersama Kota Surakarta, Sabtu, 14 September 2024.

Peparnas 2024 diselenggarakan di Solo Raya, meliputi Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar. Perhelatan ini  akan diikuti 4.625 atlet dan official dari  34 provinsi. Event ini akan  mempertandingkan 20 cabang olahraga dan dan 540 nomor.

BACA JUGA:Indeks Karawanan Pilkada Salatiga Tinggi

Cabor yang dipertandingkan meliputi para bulutangkis, para catur, para renang, voli duduk, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, tenpin bowling, sepak bola CP, goalball, tenis kursi roda, basket kursi roda dan para e-sport.

Berbagai persiapan pun terus dilakukan untuk menyukseskan event olahraga empat tahunan bagi penyandang disabilitas. 

"Kesiapan Peparnas sudah on the track, mulai akomodasi, konsumsi, kesiapan venue pertandingan, transportasi, dan keamanan semuanya sudah siap," kata Nana.

BACA JUGA:September Ceria, Rutan Salatiga Gelar Kunjungan Anak

Ia menjelaskan, Peparnas dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan kompetisi olahraga yang pelaksanaannya satu paket. Namun, pada pelaksanaan PON dan Peparnas terpisah. PON XXI tahun 2024 diselenggarakan di Aceh Sumatera Utara, sedangkan Perpanas XVII tahun 2024 digelar di Soloraya Provinsi Jawa Tengah.

"Kita semua berkomitmen, bahwa Pelaksanaan Peparnas harus sukses, berjalan lancar. Kita akan saling mengisi, mendukung, dan memberikan penguatan," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peparnas XVII, D.B Susanto menjelaskan, pihaknya terus mematangkan kesiapan di berbagai bidang. Dengan sisa waktu kurang dari satu bulan, PB Peparnas memastikan kesiapan seluruh venue, transportasi, akomodasi, dan sebagainya.

"Venue,  sarana prasarana, transportasi dan akomodasi di Solo Raya ramah disabililitas," katanya. 

BACA JUGA:Sekar Ayu: Sebelum Dipindah ke IKN, Puas-puasin Liburan

Dengan diselenggarakannya Peparnas XVII tahun 2024 di Solo Raya, maka  Surakarta menjadi tuan rumah ke 6 kali. Sebelumnya pada penyelenggaraan Peparnas pertama pada 1957, Kota Surakarta sudah menjadi tuan rumah, kemudian tahun 1959, 1964, 1980, dan 1984.

Kategori :