Pemkab Tegal Dorong Literasi Digital

Rabu 11-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal mengadakan Literasi Digital melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Internet Cerdas Kreatif dan Produktif (Incakap) dengan tema Social Media dan Digital Market, di Gedung PMI Kabupaten Tegal, 6-9 September 2024.

Tujuan kegiatan ini sebagai upaya mendorong kemajuan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan daya saing di Era Digitalisasi. Selain itu, juga untuk memperkuat pemahaman masyarakat tentang pemanfaatan media sosial dan digital market secara bijak dan produktif.

BACA JUGA:Pengurus Anak Cabang FKDT Dikukuhkan

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Nurhayati, menekankan pentingnya Smart City untuk mendorong digital economy sebagai alat meningkatkan kualitas hidup. 

"Di Era Digitalisasi, masyarakat didorong untuk meningkatkan kualitas hidup melalui penggunaan teknologi. Di sisi lain, Pemkab Tegal juga terus melakukan pembangunan Kota Cerdas yang berkelanjutan melalui Smart City Kabupaten Tegal," kata Nurhayati.

Acara ini menghadirkan berbagai narasumber ahli, termasuk Imam Rudy Kurnianto dari Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, Heriyanto Prabowo Aji dari Bidang Pengadaan Barang dan Jasa, Erma Nindiaswari dan Dandy Azidansyah dari Diskominfo Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Margasari-Jedug Kabupaten Tegal Dianggarkan Rp1,6 Miliar

Pada Bimtek ini, peserta diberikan wawasan tentang strategi UMKM untuk berkolaborasi dengan pasar modern dan franchise, serta memanfaatkan e-Katalog Lokal sebagai mitra pemerintah.

Selain itu, juga membagikan pengetahuan tentang dinamika media sosial dan strategi berjualan di platform e-commerce. Pengetahuan ini diharapkan dapat membantu peserta mengoptimalkan kehadiran digital mereka dan meningkatkan kinerja bisnis.

Plt Kabid SPBE Diskominfo, Alan Samsudin menambahkan bahwa peserta Bimtek Incakap ini terdiri dari 100 individu yang berasal dari KNPI dan Karang Taruna Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Vicky Prasetyo Hibur Masyarakat Kabupaten Pemalang

Bimtek ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Tegal untuk mendukung perkembangan digital dan memperkuat daya saing daerah di era globalisasi.

"Pemkab Tegal berharap kegiatan ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan ekonomi lokal," imbuhnya.

Kategori :