SMK Negeri 3 Kota Tegal Dapat Bantuan Program Unggulan

Rabu 11-09-2024,08:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL -SMK Negeri 3 Kota Tegal tahun 2024, berhasil mendapatkan bantuan program SMK PK. Untuk program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang digalakkan mulai tahun 2021 dan berkelanjutan hingga sekarang. Hal itu untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, SMKN 3 Kota Tegal mengadakan pelatihan internal In House Training (IHT) di Aula Bina Graha SMK Negeri 3 Kota Tegal.

IHT tersebut mengundang narasumber Widyaiswara Dr Wuryaningsih SSo MAcc. Diisi pula oleh salah satu guru penggerak SMK Negeri 3 Kota Tegal Rakim. Program itu lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. 

BACA JUGA:Kerawanan Pemilu Kabupaten Pemalang Tinggi, Masuk Skala Nasional

"Tentunya, pencapaian tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI)," kata Kepala SMK Negeri 3 Kota Tegal Sri Indrawati.

Selain itu, melalui program SMK PK diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri. Selama tiga hari guru diberikan beberapa materi yang berhubungan dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), yang merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media.

"Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dan memahaminya," ujarnya.

BACA JUGA:Cegah Tawuran Pelajar, Polres Tegal Undang Guru dan Orang Tua

Siswa harus memiliki gaya belajar yang berbeda, maka pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menggali materi dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif. 

Naili Faizatis Syifa, salah satu moderator dalam acara ini memberikan reaksi positif. “Saya senang dengan didatangkannya narasumber yang berkualitas ini, semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah," pungkasnya.

Kategori :