5 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

Senin 09-09-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Cara kedua untuk mengatasi aplikasi force close di Android adalah dengan melakukan pembaruan sistem operasi ke versi terbaru.

Pembaruan OS dapat memperbaiki bug yang ada sehingga perangkat Android dapat berfungsi dengan optimal. Namun, pembaruan sistem hanya dapat dilakukan jika versi terbaru sudah tersedia. Untuk memperbarui sistem, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu ‘Pengaturan’ pada smartphone Android Anda.

2. Pilih ‘Tentang Ponsel,’ lalu klik ‘Pembaruan Sistem’ yang akan muncul jika ada pembaruan yang tersedia.

3. Tunggu hingga proses pembaruan selesai, kemudian restart smartphone Anda setelahnya.

BACA JUGA:4 Hp Android yang Support Wireless Charging Terbaik dan Murah

3. Melakukan Restart pada Android

Selanjutnya, cara lain untuk mengatasi aplikasi force close di Android adalah dengan melakukan restart. Dengan menekan tombol restart untuk reboot perangkat Android, semua file sampah dan cache sementara yang tidak diperlukan akan terhapus secara otomatis, sehingga sistem kembali segar dan berfungsi dengan baik. 

Selain itu, melakukan restart perangkat juga dapat mengembalikan kapasitas RAM ke kondisi semula. Proses ini terjadi karena sistem akan menutup secara paksa file-file yang tidak diperlukan saat restart dilakukan.

Penting untuk diingat bahwa file cache dapat berbahaya, karena dapat mengakibatkan penurunan kinerja prosesor dan membuat beberapa fitur pada perangkat Android menjadi tidak responsif.

4. Melakukan Hard Reset Setelan Pabrik

Cara keempat untuk mengatasi aplikasi yang force close di Android adalah dengan melakukan hard reset untuk mengembalikan perangkat ke setelan pabrik. Meskipun metode ini terbukti efektif, ada risiko besar karena hard reset dapat menghapus semua data dan pengaturan di perangkat.

Sebelum melakukannya, sangat disarankan bagi pengguna untuk melakukan backup data penting terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Lakukan backup data dengan masuk ke menu ‘Pengaturan,’ pilih ‘Backup dan Reset,’ lalu klik ‘Reset Telepon.’

2. Pengguna juga dapat melakukan Factory Reset melalui dial *#*#7780#*#* atau dengan masuk ke Recovery Mode.

3. Setelah itu, pilih ‘Hapus Data’ atau ‘Reset Pabrik,’ kemudian tekan tombol power.

Kategori :