KKN Umus Brebes Adakan Mini Festival Desa Datar

Jumat 06-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) Brebes melaksanakan KKN di Desa Datar, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Dalam agenda KKN itu, mereka menggelar kegiatan mini festival sebagai salah satu program kerja. Program kerja ini bertempat di sepanjang jalan Dusun Salam, Desa Datar. 

Kegiatan ini dilaksanakan Bersama Siswa-siswi dan Warga Desa Datar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.Kegiatan ini diikuti siswa-siswi MI Salafiyah Desa Datar. Dalam pengelolaan mini festival itu mahasiswa bekerjasama dengan pihak sekolah. Mereka berjualan aneka makanan dan makanan yang diolah siswa dengan uang iuran per anggota kelompok siswa. 

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Uni

Pembuatan olahan diinisiasi oleh mahasiswa dan dilaksanakan siswa-siswi. Berbagai variasi makanan dan minuman seperti; cireng kuah, jajanan ringan, dan es sirup. Antusias siswa dan masyarakat sangat tinggi dan ramai mengunjungi. KKN Umus melaksanakan program ini karena rendahnya pertumbuhan ekonomi desa.

"Di sini banyak masyarakat yang lebih memilih merantau daripada membangun usaha di desa. Jadi upaya pertumbuhan ekonomi ini dilakukan untuk memberikan dorongan anak-anak untuk membangun jiwa kewirausahaan sejak dini di Desa Datar," kata salah satu mahasiswa KKN Umus Brebes Suminto yang merupakan mahasiswa Agribisnis. 

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Gelar Slawi Creative Fun 2024

Hendri selaku dosen pembimbing KKN Umus yang ditempatkan di Desa Datar dan kebetulan hadir secara langsng di kegitan ini mengatakan, dengan adanya kegitan mini festival ini di harapkan UMKM di Desa Datar akan semakin bangkit dan naik kelas. "Juga diharapkan jiwa wirausaha pada anak akan mulai tumbuh," katanya. 

Sementara itu, Barokah, Kepala Dusun Salam Desa Datar mengatakan, kegiatan ini bermanfaat bagi siswa-siswi dan masyarakat karena bisa mengenal ilmu baru dari perguruan tinggi, hal yang sebenarnya penting dilakukan. Dia menyebut, mayoritas penduduk Desa Datar berprofesi sebagai petani.

BACA JUGA:Puluhan Kepala TK di Kota Tegal Ikuti Peningkatan Kapasitas Kompetensi

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memproduksi usaha sendiri dan meningkatkan jiwa berwirausaha Desa Datar," tandasnya.

Kategori :