PKK Desa Tenjomaya Dilatih Mahasiswa KKN Umus Brebes Membuat Lilin dari Minyak Sayur Bekas

Rabu 04-09-2024,15:15 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, BREBES - Dalam rangka menjalankan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes yang ditempatkan di Desa Tenjomaya, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, telah mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan lilin dari bahan minyak sayur bekas pakai. 

Kegiatan ini berlangsung dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa KKN dan ibu-ibu PKK Desa Tenjomaya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru yang bermanfaat bagi warga desa, khususnya dalam memanfaatkan limbah rumah tangga seperti minyak sayur bekas. 

BACA JUGA:KPU Kota Tegal Ajak Media Massa Awasi Pilkada

Dengan inovasi ini, diharapkan ibu-ibu PKK dapat menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomis dan ramah lingkungan. Kegiatan yang berlangsung di balai desa ini diikuti dengan antusias oleh para peserta. Selain mendapatkan pengetahuan tentang proses pembuatan lilin, mereka juga diajarkan tentang pentingnya pengelolaan limbah minyak sayur agar tidak mencemari lingkungan. 

Mahasiswa KKN UMUS Brebes berharap, dengan kegiatan ini ibu-ibu PKK dapat terus mengembangkan keterampilan ini secara mandiri dan bahkan bisa membuka peluang usaha baru di bidang kerajinan tangan. "Ini adalah salah satu upaya kami untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Semoga keterampilan ini dapat berguna dan dikembangkan lebih lanjut," ujar salah satu mahasiswa KKN, Ushuluddin Amali.

BACA JUGA:Sosialisasikan Pilkada Serentak 2024

Sementara itu, dosen pembimbing, Muamar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UMUS Brebes selama masa pengabdian di Desa Tenjomaya. Ada 21 mahasiswa KKN UMUS Brebes di desa tersebut, yang terdiri dari mahasiswa reguler 11 orang dan nonreguler 10 orang. 

"Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang baik antara mahasiswa dan masyarakat dalam memajukan desa," tandasnya. 

Kategori :