4 Cara Mengatasi Hp Android Bootloop

Selasa 03-09-2024,20:00 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Akhir-akhir ini banyak keluhan dari pengguna HP Xiaomi, Redmi, dan Poco tentang bug yang menyebabkan HP yang mereka gunakan mengalami bootloop. Salah satu cara mengatasi HP Android bootloop adalah dengan mereset HP ke reset factory.

Jika kamu mengalaminya, kamu bisa coba beberapa cara mengatasi hp bootloop berikut ini. Bootloop bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti error sistem, virus, aplikasi yang bermasalah, daya baterai yang lemah, atau adanya kerusakan hardware.

Cara mengatasi HP Android Bootloop tidak terlalu sulit, bergantung pada tingkat kerusakannya . Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membawanya ke tempat servis.

Di bawah ini merupakan beberapa cara mengatasi HP Android Bootloop yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Namun sebelum membahas solusi HP Bootloop, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab HP Bootloop berikut ini.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Hp Mati Total Sendiri, Ikuti Langkahnya Tanpa Perlu ke Tukang Service

Penyebab HP Xiaomi Bootloop

1. Aplikasi Bermasalah

Tidak semua aplikasi diciptakan setara. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi HP, belum diperbarui, atau bahkan berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Aplikasi-aplikasi ini bisa menimbulkan konflik dengan sistem operasi, menghabiskan memori secara berlebihan, atau mengakses data yang seharusnya tidak boleh diakses. Yang lebih mengkhawatirkan, aplikasi bermasalah juga bisa menjadi sarang virus yang merusak HP.

2. Virus

Layaknya komputer, HP juga rentan terhadap serangan virus. Program jahat ini bisa masuk melalui berbagai celah, seperti aplikasi tidak resmi, situs web mencurigakan, atau perangkat lain yang terhubung. Virus dapat menginfeksi file sistem, menghapus data penting, atau mengubah pengaturan sistem, yang pada akhirnya menyebabkan bootloop.

BACA JUGA:7 Cara Mengatasi Hp Android yang Terkena Air

3. Kesalahan Sistem

Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi, terutama bagi pengguna yang gemar mengutak-atik pengaturan sistem, menghapus file penting, atau melakukan rooting. Kesalahan sistem bisa membuat HP kebingungan saat membaca data atau instruksi yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi.

4. Baterai Lemah

Meskipun sering terabaikan, baterai yang lemah atau rusak bisa menjadi biang keladi bootloop. Baterai yang tidak mampu memberikan daya yang cukup untuk menjalankan sistem operasi bisa membuat HP mati mendadak, restart sendiri, atau terjebak dalam bootloop. Hal ini bisa terjadi karena usia baterai yang sudah tua, penggunaan berlebihan, atau pengisian daya yang tidak tepat.

5. Kerusakan Hardware

Meskipun jarang terjadi, kerusakan hardware merupakan penyebab bootloop yang paling parah. Biasanya disebabkan oleh faktor fisik seperti jatuh, terkena air, terbakar, atau benturan keras. Kerusakan pada komponen penting seperti prosesor, memori, layar, atau kamera bisa membuat HP tidak berfungsi sama sekali atau terjebak dalam bootloop.

BACA JUGA:5 Cara Merubah Hp Android Menjadi Remote TV

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

1. Restart HP

Solusi paling sederhana dan sering berhasil adalah dengan melakukan restart. Klik dan tahan pada tombol power hingga HP mati, lalu aktifkan kembali. Jika cara ini tidak berhasil, coba lakukan restart paksa dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan selama beberapa detik.

2. Masuk ke Mode Recovery

Mode recovery adalah fitur khusus yang bisa digunakan untuk memperbaiki masalah pada HP. Untuk mengaksesnya, tekan tombol power dan volume secara bersamaan saat HP dalam keadaan mati, lalu lepaskan ketika muncul logo atau tulisan tertentu.

Di mode ini, pengguna bisa melakukan beberapa tindakan seperti wipe cache (menghapus data sementara), wipe data (menghapus semua data termasuk aplikasi, foto, dan video), atau update sistem.

3. Masuk ke Mode Download

Mode download adalah fitur khusus lainnya yang bisa digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi. Cara mengaksesnya mirip dengan mode recovery, namun biasanya melibatkan tombol home juga. Di mode ini, pengguna bisa menghubungkan HP ke komputer dan menggunakan software khusus untuk menginstal ulang sistem operasi yang sesuai.

4. Bawa ke Pusat Servis

Jika semua cara di atas tidak berhasil, membawa HP ke pusat servis resmi atau terpercaya menjadi pilihan terakhir. Di sini teknisi akan melakukan pengecekan, reparasi, atau bahkan mengganti komponen yang rusak. Meskipun cara ini paling aman dan terjamin, namun biasanya memakan waktu dan biaya yang lebih besar.

Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi HP Android Bootloop, diharapkan pengguna bisa terhindar dari masalah yang merepotkan ini.

Kategori :