10 Cara Mengatasi Kamera Hp Tidak Berfungsi dan Penyebabnya

Senin 02-09-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

6. Coba aplikasi pihak ketiga

Anda tidak hanya dapat menggunakan kamera melalui aplikasi bawaan. Anda juga bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang menawarkan akses khusus untuk pengambilan foto dan video.

Ada banyak pilihan yang dapat Anda temukan di Google Play Store atau App Store, seperti VCSO, Pro HD Cam, Cymera, Footej Camera, dan lainnya.

7. Nonaktifkan aplikasi pihak ketiga yang memanfaatkan kamera

Penggunaan kamera oleh berbagai aplikasi dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi berat. Hal ini berpotensi membuat aplikasi kamera mengalami masalah seperti terhenti, hang, atau bahkan tidak dapat diakses.

Anda hanya perlu menutup aplikasi pihak ketiga yang menggunakan kamera, terutama aplikasi yang tetap aktif di latar belakang meskipun tidak sedang Anda gunakan.

8. Perbarui perangkat lunak atau sistem operasi (OS)

Selain memperbarui aplikasi, penting juga untuk melakukan pembaruan perangkat lunak ponsel guna mendukung kinerja sistem. Sistem operasi Android atau iOS pada iPhone yang sudah ketinggalan zaman dapat mengalami penurunan performa, terutama saat mengakses aplikasi terbaru.

Pengguna Android dapat membuka pengaturan, lalu mengikuti langkah “Tentang Telepon”, “Versi MUI”, dan “Pembaruan OS”.

Sementara untuk iOS, pembaruan dilakukan melalui pengaturan, kemudian “Umum”, “Pembaruan Perangkat Lunak”, dan “Pembaruan Otomatis”.

9. Kembalikan ke setelan pabrik

Pilihan ini akan menghapus berbagai data di ponsel Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cadangan terlebih dahulu agar dokumen penting di perangkat Anda tidak hilang.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik.

Buka “Pengaturan”;

Pilih secara berurutan “Umum”, “Reset”, “Factory Data Reset”;

Ketuk “Reset Device”;

Kategori :