10 Cara Mengatasi Kamera Hp Tidak Berfungsi dan Penyebabnya

Senin 02-09-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Mengatasi kamera HP yang tidak berfungsi dengan cara ini cukup mudah dilakukan. Jika kamera tidak dapat dibuka atau mengalami hang, segera tutup aplikasi tersebut dan coba buka kembali.

Masalah ini mungkin terjadi karena aplikasi kamera tidak mendapatkan cukup ruang untuk beroperasi di dalam perangkat. Disarankan juga untuk menutup aplikasi lain agar kamera dapat berfungsi dengan baik.

3. Restart perangkat

Jika kamera ponsel Anda tidak berfungsi, Anda bisa melakukan restart. Setiap perangkat biasanya memiliki tombol power di sisi kanan atau kiri.

Tekan dan tahan tombol tersebut hingga muncul pilihan “Matikan” dan “Restart”. Ketika kedua opsi muncul, pilih “Restart”.

4. Perbarui aplikasi

Selain aplikasi yang diunduh dari Google Play Store dan App Store, kamera bawaan juga perlu diperbarui. Aplikasi yang sudah ketinggalan zaman dapat mengurangi kinerja, terutama jika sistem operasi ponsel Anda telah diperbarui.

Pembaruan aplikasi yang menggunakan kamera juga penting untuk menjaga performanya. Contohnya adalah aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan X (Twitter).

5. Hapus cache atau kurangi penyimpanan

Menghapus cache aplikasi dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda. Anda dapat membersihkan cache dengan langkah-langkah berikut.

Buka “Pengaturan”;

Pilih “Aplikasi”;

Cari “Kamera”;

Tekan “Hapus Cache” atau “Clear Cache”.

Anda juga dapat meningkatkan kinerja kamera ponsel dengan menghapus data tertentu. Pilih untuk menghapus dokumen, gambar, atau video yang sudah tidak diperlukan.

BACA JUGA:6 Cara Menghubungkan Hp Ke Proyektor Infocus

Kategori :