9 Cara Menghidupkan Hp Yang Mati Total

Kamis 29-08-2024,20:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Ketika HP mati total, pastikan ini bukan terjadi karena kehabisan baterai, ya. Sebab, terkadang mengisi daya HP yang sudah habis total baterainya memang membutuhkan waktu. Biasanya dibutuhkan beberapa menit untuk mengisi baterai handphone hingga bisa naik dari nol persen.

 

Jadi, jika HP mati total karena kehabisan baterai, sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan cukup mengisi ulang dayanya dengan charger. Namun, usahakan untuk menggunakan charger yang kompatibel dan original dari merek HP agar lebih cepat tertangani.

3. Factory Reset

Cara menghidupkan HP yang mati total ini bisa dicoba jika masih bisa mengakses "Recovery Mode". Ini melibatkan proses bootloop pada menu tersebut.

Dengan cara tersebut, HP dapat dipulihkan tanpa kehilangan data. Nah, berikut cara untuk melakukan factory reset:

Pastikan daya baterai tersedia

Masuk ke menu "Recovery Mode" di HP

Tekan tombol kombinasi tombol power dan volume bersamaan, lalu tahan sesaat sampai masuk ke menu "Recovery"

Pilih opsi "Factory Reset"

Pilih Yes, lalu "Delete All User Data"

Pilih opsi "Reboot System Now"

4. Isi Baterai dengan Charger Desktop

Ini menjadi keuntungan bagi yang memiliki HP dengan baterai yang bisa dilepas-pasang, bukan ditanam. Jika HP mati total dan tidak bisa dinyalakan, cobalah isi baterai dengan charger desktop.

Cara menghidupkan HP yang mati total ini bisa jadi andalan ketika port konektor pada pengisi baterainya mengalami kerusakan. Jadi, langkah ini bisa menjadi cara ninja jika belum sempat memperbaiki port konektor charger ke pusat service.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Aplikasi Error di Hp

Kategori :