5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tiba-tiba Keluar di Hp Android

Kamis 29-08-2024,09:15 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Penggunaan aplikasi merupakan bagian penting dalam aktivitas sehari-hari dengan Smartphone, namun seringkali kita menghadapi berbagai masalah HP keluar dengan sendirinya. Ketahui ada beberapa cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba keluar di Hp Android. 

Salah satu masalah yang umum terjadi adalah aplikasi yang mendadak keluar sendiri atau mengalami force close. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba keluar di Hp Android.

Aplikasi yang sering keluar sendiri atau mengalami force close dapat menjadi pengalaman menyebalkan bagi pengguna HP Android. Untuk itu, ada beberapa cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba keluar di Hp Android. 

Cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba keluar di Hp Android. Beberapa penyebab aplikasi keluar sendiri antara lain adalah kapasitas penyimpanan internal yang hampir penuh, penumpukan file cache, dan faktor lainnya, seperti yang dijelaskan dalam buku Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (IDE) App Inventor 2 oleh Endar Suprih Wihidayat dan rekan (2017:1).

BACA JUGA:7 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android Tanpa Aplikasi

Yuk simak artikel ini dan baca sampai selesai ya!

Ketika aplikasi keluar secara tiba-tiba saat digunakan, tentu sangat mengganggu. Berikut adalah beberapa cara mengatasi aplikasi yang tiba - tiba keluar di Hp Android.

1. Pembaruan Aplikasi  

Memperbarui aplikasi juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesalahan, seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar. Hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan versi aplikasi yang sudah ketinggalan zaman, yang tidak lagi sesuai dengan sistem ponsel. Pengguna dapat melakukan pembaruan aplikasi melalui Google Play Store.  

2. Restart Ponsel

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah merestart ponsel. Cara ini sudah lama dikenal efektif untuk mengatasi berbagai gangguan atau kesalahan pada aplikasi. Dengan merestart ponsel, Anda dapat membantu memperbaiki berbagai masalah yang terjadi. Setelah proses restart selesai, coba buka kembali aplikasi yang mengalami force close.

BACA JUGA:5 Hp Android dengan Pendingin Terbaik, Main Game Berat Jadi Lancar

3. Hapus Beberapa Aplikasi di HP

Salah satu penyebab aplikasi keluar sendiri di HP Android adalah kapasitas penyimpanan internal yang penuh, yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan seleksi dan menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih lega. Cara menghapus aplikasi adalah sebagai berikut:

Masuk ke menu Pengaturan.

Kategori :