BPBD Kabupaten Tegal Asesmen Kebakaran Rumah

Rabu 28-08-2024,15:37 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Langkah asesmen ditempuh  BPBD Kabupaten Tegal paska terjadinya insiden kebakaran rumah milik warga Desa Balapulang Wetan RT 03 RW 07 Kecamatan Balapulang, Rabu (28/8/2024) pukul 11.45 WIB.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah menyatakan bahwa pemicu kebakaran adalah aksi salah satu penghuni rumah yang membakar sampah di sebelah timur rumah. Karena di lokasi pembakaran terdapatan tumpukan kayu kering, akhirnya api turut membakar tumpukan kayu tersebut.

"Akhirnya merembet ke rumah orang tuanya yang kebetulan masih semi permanen," ujarnya.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Lakukan Pendampingan PIP Jenjang SMP

Dampak dari kejadian tersebut, rumah terbakar habis beserta isinya. Bahkan, api sempat merembet ke 4 rumah sekitarnya. Kedatangan 2 unit mobil damkar akhirnya dapat memadamkan api tepat pada pukul 12.45 WIB. Sementara pemilik rumah mengalami luka bakar dan sudah dibawa ke puskesmas untuk perawatan lebih lanjut. Selain memadamkan api dengan air yang dilakukan secara gotong royong oleh warga, menghubungi pihak-pihak terkait tim BPBD juga melakukan asesmen. 

"Pihak yang terlibat dalam pemadaman api adalah  warga sekitar tempat kejadian bencana, Pemdes Balapulang Wetan, damkar, Polsek Balapulang,  PLN Balapulang  dan relawan Destana Balapulang Wetan," ungkapnya.

BACA JUGA:Atasi Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara dengan Membentuk Mahkamah Etik

Dari hasil asesmen, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan, antara lain material bangnan seperti kaso, usuk, reng, asbes dan  kebutuhan dasar. (adv)

Kategori :