Cara Mengompres Foto dan Dokumen Menggunakan Smartphone Tanpa Aplikasi

Rabu 28-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Rochman Gunawan

Ada banyak alat dan situs web online yang memungkinkan Anda mengompres dokumen secara gratis. Cukup unggah dokumen, pilih tingkat kompresi, dan unduh kembali file yang dikompresi ke ponsel cerdas Anda.

2: Simpan sebagai PDF

Jika Anda berurusan dengan file Word atau presentasi PowerPoint, pertimbangkan untuk menyimpannya sebagai PDF. File PDF cenderung berukuran lebih kecil dibandingkan dengan format aslinya, sehingga lebih mudah untuk dibagikan dan diunggah.

3: Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox menawarkan fitur kompresi bawaan yang memungkinkan Anda memperkecil ukuran dokumen tanpa memengaruhi kualitasnya. Cukup unggah dokumen ke akun penyimpanan cloud Anda dan gunakan opsi kompresi yang disediakan.

BACA JUGA:6 Ponsel Android Hemat dengan Dynamic Island di Bawah Rp1 Juta

Metode 3: Memanfaatkan Fitur Bawaan Ponsel Cerdas

Selain metode khusus yang disebutkan di atas, ada beberapa fitur dan pengaturan umum pada ponsel cerdas Anda yang dapat membantu Anda mengompres foto dan dokumen:

1. Aktifkan Format Gambar Efisiensi Tinggi (HEIF / HEVC)

Beberapa ponsel cerdas menawarkan opsi untuk mengambil foto dan video dalam format efisiensi tinggi seperti HEIF dan HEVC. Format ini menggunakan algoritme kompresi canggih untuk mengurangi ukuran file tanpa mengurangi kualitas.

2. Kosongkan Cache secara Teratur

Menghapus cache aplikasi ponsel cerdas Anda dapat membantu mengosongkan ruang penyimpanan, yang secara tidak langsung berkontribusi pada kinerja dan kompresi file yang lebih baik.

3. Memanfaatkan Pengelola File Bawaan

Banyak ponsel cerdas dilengkapi dengan pengelola file bawaan yang memungkinkan Anda mengompres file dan folder secara langsung. Jelajahi opsi dalam aplikasi pengelola file Anda untuk melihat apakah aplikasi tersebut menawarkan fitur kompresi apa pun.

BACA JUGA:4 Cara Mengunci WhatsApp di Android dan iPhone

Kesimpulan

Kategori :