8 Tips Lepas dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Selasa 27-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

4. Tidak Perlu Menghiraukan Teror yang Masuk

Usai mengganti nomor handphone, sebaiknya kalian memberitahu saudara dan teman jika handphone dibajak. Jadi, jika ada yang mengatasnamakan debt collector / DC sebaiknya abaikan.

5. Buang Nomor Handphone dan Ganti yang Baru

Supaya bebas dari teror debt collector pinjaman online, sebaiknya ganti nomor kalian dengan nomor handphone yang baru. Dengan cara ini, otomatis teror tersebut akan hilang.

6. Tidak Perlu Khawatir dengan Blacklist SLIK OJK

Biasanya, debt collector dari pinjaman online yang resmi bakal mengikuti aturan dalam penagihan. Namun, untuk pinjaman online yang tidak resmi biasanya asal-asalan.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir ketika tidak membayar utang pinjaman online yang ilegal akan merusak nama kalian di SLIK OJK. Namun, tetap disarankan untuk tidak secara sengaja menghindar dari kewajiban membayar utang.

BACA JUGA:Berikut 10 Cara Melunasi Jeratan Utang Pinjol Agar Tidak Galbay

7. Konsolidasi Utang

Trik lepas dari jeratan utang pinjol selanjutnya yaitu konsolidasi utang. Jika memiliki beberapa utang pinjaman online yang sulit kalian kelola, pertimbangkan opsi konsolidasi utang. Caranya, gabungkan beberapa utang menjadi satu dengan suku bunga yang lebih rendah yang dapat membantu mengurangi beban pembayaran.

8. Buat Rencana Pembayaran

Coba buat rencana pembayaran pinjaman online yang realistis berdasarkan kemampuan keuangan kalian sesuai dengan tingkat suku bunga. Identifikasi juga sumber pendapatan tambahan. Alokasikan sebagian pendapatan untuk melunasi utang pinjaman online secara teratur.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai 8 trik lepas dari jeratan utang pinjol atau pinjaman online yang dapat kalian coba dan lakukan. Semoga bermanfaat.

Kategori :