Ciri-Ciri Hp Dihack dan Cara Mengatasinya

Selasa 27-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui berapa lama biasanya baterai Hp Anda bisa bertahan. Misalnya dengan pemakaian normal (termasuk streaming dan gaming) baterai habis dalam 20 jam. Anda bisa jadikan angka tersebut sebagai patokan. Jika tiba-tiba daya tahan baterai merosot tajam, Anda seharusnya sudah mulai waspada.

4. Aktivitas Aneh di Ponsel dan Aplikasi

Salah satu ciri ponsel yang diretas adalah munculnya banyak panggilan masuk dan SMS yang tidak dikenal. Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa aplikasi chat atau media sosial mereka tiba-tiba mengirim pesan aneh kepada orang lain.

Hacker dapat mencuri data dari media sosial dan mengubah pengaturan profil serta informasi pribadi Anda.  Ciri-ciri lain dari ponsel yang diretas adalah ketika nomor SIM Anda tiba-tiba tidak dapat menerima panggilan atau SMS.

Hal ini bisa terjadi karena hacker telah mengkloning kartu SIM Anda. Jika Anda mengalami situasi ini, segera hubungi penyedia layanan Anda.

5. Penurunan Performa 

Aplikasi yang diinstal oleh hacker akan mengambil alih lalu lintas data, sehingga aplikasi lain akan terganggu. Aplikasi sistem yang memerlukan koneksi internet juga akan terpengaruh, menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat. Jika Anda merasakan penurunan performa secara tiba-tiba, kemungkinan besar ponsel Anda sedang diretas.

6. Munculnya Iklan Pop Up yang Tidak Dikenal

Tanda lain yang sering terlihat pada ponsel yang diretas adalah munculnya iklan pop up atau peringatan yang aneh. Hal ini dapat mengganggu pengalaman Anda saat menggunakan ponsel. Iklan pop up juga dapat menguras memori RAM, yang pada akhirnya membuat kinerja ponsel semakin lambat.

BACA JUGA:12 Pinjol Ada DC Lapangan, 2 Minggu Galbay SDitagih ke Rumah

Mengatasi HP yang Terkena Hack  

Jika HP Anda sudah terlanjur diretas, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya:

1. Nonaktifkan Pengalihan Panggilan  

Langkah selanjutnya untuk mengatasi HP yang diretas adalah dengan menonaktifkan pengalihan panggilan. Meskipun Anda tidak pernah mengatur pengalihan, kemungkinan besar hacker telah melakukannya sehingga Anda tidak dapat menerima panggilan.

Untuk memeriksa apakah telepon Anda disadap, tekan kode USSD *#21# pada panggilan telepon. Setelah itu, Anda akan melihat apakah panggilan dan SMS Anda sedang dialihkan. Jika pengalihan aktif, kemungkinan besar telepon Anda sedang disadap.

Untuk menonaktifkan pengalihan panggilan, tekan kode USSD ##02#. Setelah dinonaktifkan, segera ubah kata sandi Anda atau hubungi penyedia layanan seluler Anda.

Kategori :