Gestun Kredivo, Mengapa Harus Dihindari?

Senin 26-08-2024,13:15 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Simak mengenai gestun Kredivo dan mengapa sebaiknya dihindari? serta risiko-risiko yang mungkin dihadapi jika menggunakan layanan ini, agar Anda dapat terhindar dari potensi kerugian saat memanfaatkan Kredivo.

Simak mengenai gestun Kredivo dan mengapa sebaiknya dihindari? Gestun, yang merupakan singkatan dari gesek tunai, adalah praktik ilegal untuk mencairkan limit kartu kredit. Saat ini, praktik ini juga dapat dilakukan melalui aplikasi Fintech seperti Kredivo.

Meskipun tampak menarik, gestun Kredivo menyimpan berbagai risiko yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk melakukannya. Oleh karena itu, simak mengenai gestun Kredivo dan mengapa sebaiknya dihindari?

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa DC Lapangan yang Aman dan Bebas dari Kunjungan ke Rumah

Untuk mengetahui lebih lanjut simak artikel ini mengenai gestun Kredivo dan mengapa sebaiknya dihindari? baca sampai selesai ya!

Cara Kerja Gestun Kredivo

Sebagai contoh, jika Anda memiliki limit Kredivo sebesar Rp8 juta dan ingin melakukan gestun tunai sebesar Rp5 juta secara online, Anda akan diminta untuk melakukan transaksi pembelian barang melalui penyedia jasa gestun. Setelah itu, penyedia jasa akan mengirimkan tautan e-commerce untuk berbelanja barang senilai Rp5 juta.

Namun, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya, pengguna tidak akan menerima barang yang dibeli, melainkan uang tunai sebesar Rp5 juta. Pembayaran cicilan tetap harus dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo, karena dari segi prosedur, transaksi ini dianggap sebagai pembelian barang.

Gestun Kredivo Rentan Terhadap Penipuan

Karena aktivitas gestun ini ilegal dan tidak ada merchant resmi atau lembaga keuangan terpercaya yang menyediakan layanan ini, gestun Kredivo sangat rentan terhadap penipuan.

Penipuan dapat terjadi mulai dari tidak diterimanya uang sesuai kesepakatan, permintaan data pribadi seperti email atau kata sandi, hingga penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kredivo memiliki kemampuan untuk mendeteksi transaksi yang mencurigakan, termasuk gestun. Jika pengguna sering melakukan transaksi semacam ini, pola tersebut akan mudah dikenali.

Apabila aktivitas gestun terdeteksi, limit akun Kredivo dapat dibekukan. Ini berarti, meskipun kamu memiliki limit yang besar, kamu tidak akan dapat menggunakan limit tersebut untuk transaksi apapun.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Pinjol Legal Cepat Cair, Pelayanan 24 Jam

Risiko Gestun Kredivo

Kategori :