5 Cara Merawat Baterai Hp agar Tahan Lama

Jumat 23-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Mengaktifkan mode penghemat daya dapat membantu mengurangi penggunaan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan.

Mode ini biasanya akan menurunkan kecerahan layar, membatasi penggunaan data di latar belakang, dan menonaktifkan animasi yang tidak penting. Ini sangat bermanfaat ketika Anda tidak dapat segera mengisi daya ponsel.

4. Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Rutin

 

Kalibrasi baterai penting untuk membantu sistem operasi ponsel memberikan pembacaan yang akurat mengenai kapasitas baterai.

Untuk melakukan kalibrasi, biarkan baterai habis hingga ponsel mati dengan sendirinya, kemudian isi daya hingga penuh tanpa gangguan. Lakukan kalibrasi ini setiap beberapa bulan untuk menjaga performa baterai tetap optimal.

5. Hindari Suhu yang Ekstrem

Paparan suhu yang sangat tinggi atau rendah dapat merusak baterai ponsel. Sebaiknya, jangan tinggalkan ponsel di tempat yang panas, seperti di dalam mobil yang terparkir di bawah sinar matahari langsung.

Suhu yang ideal untuk baterai ponsel berkisar antara 20°C hingga 25°C. Jika ponsel Anda terasa panas saat digunakan, berikan waktu istirahat sejenak hingga suhunya kembali normal.

BACA JUGA:8 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di Hp Android

Itulah ulasan 5 cara merawat baterai HP agar tahan lama. Dengan menerapkan cara di atas, Anda dapat memperpanjang umur baterai ponsel dan menjaga kinerjanya tetap maksimal. Baterai yang dirawat dengan baik akan memastikan ponsel Anda selalu siap digunakan tanpa khawatir kehabisan daya secara mendadak. Semoga bermanfaat.

Kategori :