5 Cara Mengatasi Gagal Bayar Pinjaman Online yang Paling Efektif

Kamis 22-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Cara mengatasi galbay pinjol dapat dilakukan agar skor kredit tetap baik yang merupakan cara efektif untuk dicoba. Mengingat pentingnya menjaga skor kredit dengan baik, bisa mempermudah debitur dalam mendapatkan pinjaman kembali. 

Galbay alias gagal bayar pada pinjaman online merupakan kondisi peminjam tidak dapat membayar pinjamannya tepat waktu. Tentunya ada berbagai alasan mengapa mereka sampai alami galbay mulai dari kesulitan keuangan, kehilangan pekerjaan, atau sakit. Cara mengatasi galbay pinjol menjadi solusi tepatnya. 

Jika kalian kesulitan dalam membayar utang dan tidak ingin masuk ke dalam daftar blacklist, maka sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini. Artikel ini akan memberikan panduan untuk mengetahui cara mengatasi galbay pinjol agar skor kredit kalian tetap baik. 

Dikutip dari video kanal YouTobe Fintech.ID ada beberapa cara mengatasi galbay pinjol agar skor kredit tetap baik yang dapat kalian coba dan lakukan supaya tidak masuk ke dalam daftar hitam SLIK OJK.  

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Galbay Pinjol dengan Tepat

Cara Mengatasi Galbay Pinjol

Galbay Pinjol atau yang dikenal sebagai gangguan penagihan pinjaman online merupakan masalah yang seringkali dialami oleh banyak orang. Namun, jangan khawatir ada beberapa tips dan langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini.

1. Laporkan Kepada Pihak Terkait

Cara mengatasi galbay pinjol yaitu laporkan kepada pihak terkait. Jika pihak pinjol melakukan penagihan yang melanggar peraturan yang berlaku, kalian berhak untuk melaporkannya kepada pihak terkait. OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Satgas Waspada Investasi, atau kepolisian merupakan instansi yang bisa kalian hubungi untuk melaporkan pelanggaran tersebut.

2. Mintalah Bantuan Keluarga atau Teman

Jika kalian merasa sulit untuk membayar pinjaman, kalian juga bisa meminta bantuan kepada keluarga atau teman terdekat. Terangkan situasi keuangan kalian dengan jelas dan minta dukungan mereka untuk membantu melunasi pinjaman.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

3. Hubungi Pihak Pinjaman Online 

Cara mengatasi galbay pinjol berikutnya yaitu dengan segera menghubungi pihak pinjol yang memberikan pinjaman. Janganlah menghindar atau mengabaikan penagih utang. Jelaskan dengan jujur kepada mereka bahwa kalian tengah mengalami kesulitan keuangan dan tidak bisa membayar pinjaman tepat waktu. Komunikasi terbuka dapat membantu mencari solusi.

4. Negosiasi Ulang Pinjaman

Kategori :