8 Tips Pemutihan Data di SLIK OJK, Solusi Mendapatkan Pinjaman Kembali

Rabu 21-08-2024,21:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips pemutihan data di SLIK OJK dilakukan untuk mengeluarkan nama debitur dari daftar blacklist yang sudah tercantum dalam daftar hitam. Karena itu, perlu ketahui beberapa cara untuk membersihkannya agar pengajuan mudah diterima. 

Tips pemutihan data di SLIK OJK diperlukan untuk menghindari dari ketidak disetujuinya pengajuan kredit seseorang dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Pasalnya ketika mengajukan kredit ke Bank dalam prosesnya mensyaratkan BI checking. 

Tips pemutihan data di SLIK OJK menjadi solusi yang tepat bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman kembali, saat sebelumnya memiliki skor kredit yang buruk, maka pembersihan ini dapat di lakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Lantas, bagaimana tips pemutihan data di SLIK OJK? Yuk simak beberapa langkah efektif ini yang dapat kalian terapkan untuk mendapatkan pinjaman kembali dengan mudah. 

BACA JUGA:Berapa Lama agar SLIK OJK Menjadi Bersih Setelah Pelunasan Utang? Simak Penjelasanya

Tips Pemutihan Data di SLIK OJK 

1. Lunasi Tunggakan

Tips pemutihan data di SLIK OJK yaitu prioritaskan pelunasan utang yang menunggak. Di bank atau lembaga keuangan mana pun tempat kalian mengajukan kredit, kalian pasti tidak akan disetujui jika skor tersebut buruk atau masuk daftar hitam. Semakin cepat kalian melunasi, semakin cepat catatan negatif akan hilang dari SLIK.

2. Ajukan Permohonan Hapus Data

Jika terdapat data yang salah atau tidak akurat dalam SLIK, ajukan permohonan penghapusan data kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Siapkan bukti-bukti yang mendukung klaim kalian.

Permohonan hapus data juga bisa diajukan jika sudah melunasi tunggakan. Bawalah surat lunas atau klarifikasi dari tempat di mana kalian mengajukan kredit. Setelah itu, konfirmasikan ke OJK bahwa kalian telah menuntaskan kewajiban kredit.

Teruslah pantau BI Checking kalian hingga skor berubah dan catatn kredit menjadi bersih. Bila tidak ada perubahan, ajukan komplain ke bank atau melalui laporan OJK.

BACA JUGA:3 Tips Jitu Membersihkan Nama di SLIK OJK , Solusi Bebas dari Daftar Hitam

3. Persyaratan Utama Lembaga Keuangan

Hampir semua lembaga keuangan di Indonesia menjadikan SLIK bersih sebagai salah satu syarat utama untuk menyetujui pengajuan kredit.

Kategori :