Adakan Lomba Pitulasan untuk Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal

Senin 19-08-2024,13:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Diantara dinamika perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia,  Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Loka Bina Karya (LBK) Dinas Sosial Kabupaten Tegal menghadirkan nuansa berbeda. Bukan hanya sekedar lomba, namun sebuah perayaan kemerdekaan yang sarat akan makna inklusi dan semangat juang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui kepala UPTD LBK Umi Dyah Arti meyatakan, lomba pitulasan kali ini diikuti puluhan anggota  disabilitas. Puluhan penyandang disabilitas dari berbagai komunitas, seperti Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Komunitas Dunia Tak Lagi Sunyi (DTLS), Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI).

BACA JUGA:Bangun Kebersamaan Warga Perumahan PIR Kabupaten Pemalang dengan Jalan Sehat

"Serta Komunitas Mari Belajar Bimbingan Belajar Anak Autis (Marble) ambil bagian dalam perlombaan yang digelar," ujarnya, Senin (19/8/2024).

Mereka dengan antusias mengikuti berbagai macam lomba, mulai dari yang tradisional seperti balap karung dan makan kerupuk hingga yang unik seperti balap kursi roda. Momen ini dia  harap semua anggota disabilitas bisa mandiri dan meningkatkan kualitas diri masing-masing dengan semangat kemerdekaan. 

"Sehingga ke depannya tidak ada lagi teman-teman disabilitas yang merasa rendah diri, dirundung maupun ditutupi oleh keluarga," cetusnya.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan

Pihaknya berharap, semua memberi kesempatan dan hak yang sama kepada teman-teman disabilitas. Mereka bisa menunjukan potensi sesuai kemampuan masing-masing. Menurutnya, kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI ini, merupakan momen baik untuk meningkatkan semangat, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas disabilitas Kabupaten Tegal.

Selain disabilitas, teman-teman dari nonkomunitas juga diajak untuk ikut berpartisipasi memeriahkan perlombaan HUT ke-79 RI yang diselenggarakan LBK Dinas Sosial Kabupaten Tegal.  

BACA JUGA:Pleton Raimas se-Eks Karesidenan Pekalongan Latihan Terpusat di Kabupaten Pemalang

Sementara itu, pendamping disabilitas Kabupaten Tegal Arif Triyono mengungkapkan, berbagai lomba yang digelar pada HUT ke-79 RI beragam. Seperti balap karung, makan kerupuk, joget balon, pentung plastik, memasukkan paku dalam botol, bawa kelereng menggunakan sendok makan, dan yang paling menarik, yaitu lomba balap kursi roda. 

'Kami sengaja  mengundang teman-teman disabilitas di Kabupaten Tegal untuk mengikuti lomba dalam rangka kemerdekaan RI tahun 2024," ungkapnya. (adv)

Kategori :